bjb
itcbet

Membangun Literasi Di Bulan Ramadan

JABARNEWS | PURWAKARTA - Menurut, Education Development Center (EDC) Menyatakan Bahwa "Literasi Lebih Dari Sekedar Kemampuan Baca Tulis. Lebih dari itu, Literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan yang dimiliki dalam hidupnya".

Ada Banyak Peristiwa besar yang terjadi di bulan suci ramdan pada zaman Nabi Muhammad Saw. Salah satunya adalah Turun nya Wahyu pertama dalam Al Qur'an yakni Surah Al Alaq. “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.” (QS:Al-‘Alaq | Ayat: 1). Dari sejumlah kata tersebut, Tuhan telah memilih kalimat “Iqra” menjadi kalimat pertama yang diturunkan. Padahal di dalam Alquran terdapat ribuan kalimat perintah. Seperti: Aqimussolati, itaujzakati., Dll. Dari sekian banyak kalimat, Allah pilih “Iqra” sebagai kalimat pertama yang Dia turunkan. Padahal Rasulullah Saw, tidak bisa membaca dan menulis.



Keistimewaan figur beliau adalah berhias dengan akhlak yang mulia. Jika Allah menghendaki, Rasulullah Saw bisa menyampaikan wahyu pertamanya tentang contoh-contoh akhlak mulia yang beliau miliki. Bukan malah sesuatu yang tak beliau mampui. Hal ini mengindikasikan bahwa permulaan membangun umat ini adalah dengan ilmu. Dan salah satu metode yang dituntunkan oleh Rabb kita untuk memperoleh ilmu adalah dengan membaca. Islam jaya karena mengembangkan literasi sampai tahapan pengembangan ilmu pengetahuan, ada banyak tokoh penulis ilmuan islam yang terkenal seperti al farabi, Ibnu sina,Ibnu Rusyd, Dan tokoh-tokoh yang lainnya. Jika lingkungan kita tidak memiliki budaya literasi, maka kita gagal sebagai manusia yang terdidik, bulan Ramdan adalah cara tepat untuk memulai kembali berkegiatan literasi.

Karena berdasarkan data versi most literate world nations, indonesia berada di peringkat ke 60 dari 61 negara yang berpartisipasi, itu membuktikan bahwa keterpurukan indonesia dalam dunia literasi sangat rendah, untuk keberlangsungan bernegara demokrasi seperti indonesia, literasi berperan membangun populasi terpelajar yang menjadi kunci sebuah negara dengan pondasi sosial, ekonomi dan politik yang kuat, literasi membantu masyarakat melepaskan diri dari belenggu ketidak tahuan, tehindar manipulasi dan ditinggalkan arus globalisasi.
Halaman selanjutnya
Tags :

SEREMONIA

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi