bjb

Hati-Hati, Inilah Dampak Menggunakan Sheet Mask Secara Berlebihan

JABARNEWS | BANDUNG - Seperti kita ketahui bersama, sheet mask memang memiliki banyak fungsi untuk kulit wajah. Selain dapat menghidrasi kulit secara optimal, masker yang populer di Korea Selatan ini pun dapat mengatasi kulit lelah hingga mengatasi penuaan dini.

Namun meskipun memiliki banyak manfaat, ternyata sheet mask juga memiliki dampak negatif yang dapat merusak kulit wajah Anda.

Menurut pernyataan seorang peneliti Shari Marchbein, Ahli Dermatologi dan Asisten Profesor New York University School of Medicine mengatakan jika kita mendiamkan sheet mask hingga kering pada wajah atau menggunakannya lebih lama dari yang seharusnya yaitu maksimal 15-20 menit, maka akan mengakibatkan kulit lebih sensitif. Selain itu, sheet mask dapat membuat kulit lebih kering dan iritasi karena kandungan yang terdapat di dalam sheet mask tersebut.

Kandungan seperti teh hijau, charcoal, atau ekstrak tumbuh-tumbuhan apabila terpapar secara berlebih dengan kulit wajah dapat mengakibatkan kulit kemerahan. Charlotte Cho, Pemilik Soko Glam dan Ahli Kecantikan Korea Selatan juga menyarankan untuk tidak mendiamkan sheet mask pada wajah hingga kering. Ada alasannya kenapa pada bagian instruksi penggunaan sheet mask maksimal selama 20 menit.

Kulit Anda memang akan berkilau dan lebih kenyal setelah menggunakan sheet mask, namun apabila digunaka secara berlebihan, maka kulit Anda akan terkena dampak alergi. Jika sheet mask Anda diamkan lebih dari 20 menit hingga kering, justru tingkat kelembapan kulit akan berkurang. Cara terbaik untuk menghindari dampak negatif ini adalah menggunakannya selama 20 menit. Cho pun menyarankan untuk tidak menggunakan sheet mask selama tidur karena akan berdampak buruk bagi kulit.

Sebagai cara lain untuk merawat kulit, Anda bisa menggunakan bahan alami yang ada di dapur untuk dapat menjaga kesehatan kulit Anda dengana bahan berikut ini, di antaranya:

Kunyit
Sudah bukan rahasia lagi jika ternyata kunyit menyimpan segudang khasiat bagi kecantikan kulit. Hampir semua produk kecantikan kulit tradisional mengandung kunyit, sebut saja lulur dan masker. Kandungan vitamin C yang tinggi berkhasiat untuk menghilangkan kerutan akibat penuaan dan mencerahkan kembali lingkaran hitam pada mata dan kulit yang mengalami pigmentasi.

Buat sebagai masker atau lulur dengan takaran:

  • 2 sdm bubuk kunyit

  • 1 sdm tepung beras

  • 1 sdm susu segar

 	
  • 1 sdm jus tomat


  • Caranya:
    Balur hingga merata pada wajah, leher, tangan dan kaki. Diamkan selam 20 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

    Jahe
    Selain bagus untuk diet, ternyata jahe memiliki khasiat yang luar biasa untuk membersihkan kulit secara mendalam, terutama bagi jenis kulit yang berminyak. Jahe dapat membantu melancarkan sirkulasi pada kulit. Ini bisa membuat wajah Anda menjadi segar tanpa menimbulkan iritasi.

    Caranya mudah:

    • Oleskan irisan jahe ke permukaan kulit yang kotor ataupun berminyak

    • Diamkan hingga sari-sari jahe tersebut meresap ke dalam kulit selama kurang lebih 15–20 menit.

    • Bersihkan dengan handuk basah.


    Nah, itulah tadi mengapa sebaiknya Anda tidak menggunakan sheet mask secara berlebihan. Semoga dengan tips yang telah di sebutkan di atas, Anda dapat menjaga kulit tetap sehat. (Fin)

    Sumber artikel ini diambil dari Glitzmedia.co

    Jabarnews | Berita Jawa Barat
    Tags :
    properti

    berita terkait

    Persib

    Berita Populer

    Berita Terkini

    Mang Jabar

    jabarnews tv

    tag populer

    unduh aplikasi