Ini Yang Membuat Berat Badan Anda Naik Saat Di Bulan Puasa

JABARNEWS | BANDUNG – Beberapa orang mungkin akan memanfaatkan bulan puasa sebagai cara untuk mengurangi berat badan. Namun ada sebagian orang yang justru bertambah berat badannya saat puasa. Sebenarnya apa yang salah dari puasa Anda? Berikut di bawah ini kesalahan-kesalahan saat puasa yang perlu Anda hindari agar setelah puasa, berat badan tak semakin melebar, di antaranya:

1. Terlalu Banyak Tidur

Saat puasa, mungkin Anda akan merasa lemas dan tak bertenaga. Namun, hal itu jangan Anda jadikan alasan untuk banyak tidur, terutama setelah sahur. Tidur setelah santap sahur akan membuat berat badan Anda naik sedikit demi sedikit tanpa Anda ketahui. Untuk menyiasatinya, Anda bisa sahur di akhir waktu. Anda bisa berangkat ke masjid untuk melaksanakan salat Subuh.

2. Ngabuburit Berburu Takjil

Takjil atau kudapan berbuka memang menjadi hal yang sering diburu, terutama saat menunggu waktu berbuka. Kadang karena rasa lapar, Anda jadi kalap membeli takjil kebanyakan. Walhasil, mau tak mau Anda habiskan karena mubazir. Hentikan kebiasaan berlebihan seperti ini, dan disarankan untuk menghabiskan waktu untuk beribadah atau baca Alquran sembari menunggu berbuka puasa.

Baca Juga:  Doni Monardo Sebut Wartawan Bisa Jadi Pejuang Covid-19

3. Terlalu Banyak Makan Saat Berbuka

Berbuka puasa menjadi momen paling menyenangkan. Anda bisa menikmati hasil ngabuburit berburu takjil atau masakan yang telah Anda buat. Meskipun begitu, Anda jangan terlalu berlabihan saat menyantap hidangan berbuka puasa. Anda perlu tahu jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih lagi pembakaran kalori saat malam hari tidak bisa maksimal.

4. Memakan Gorengan

Di mana pun Anda berada, gorengan memang sering menjadi menu andalan saat berbuka puasa. Mau di rumah, kantor, atau di masjid, Anda bakal sering bertemu dengan kudapan yang satu ini. Hati-hati, jangan sampai Anda tergoda oleh nikmatnya gorengan sebagai menu santap berbuka puasa. Gorengan memiliki kadar kolesterol yang tinggi, oleh karena itu, tetaplah ikuti anjuran untuk makan makanan manis saat berbuka.

Baca Juga:  Jelang Persib vs Tira Persikabo, Robert Alberts Targetkan Ini

5. Terlalu Banyak Makan Manis

“Berbukalah dengan yang manis” jadi kata-kata yang sering Anda dengar saat berbuka puasa. Meskipun begitu, jangan jadikan hal itu sebagai alasan untuk makan makanan manis berlebihan. Perlu Anda ketahui, tak semua makanan manis baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Adapun, salah satu contoh makanan manis terbaik untuk menu berbuka yaitu kurma. Kandungan glukosa dalam kurma dapat diserap oleh tubuh dengan cepat.

Baca Juga:  Hari Ini, MK Putuskan Batas Usia Maksimal Capres-Cawapres

6. Menolak Untuk Berolahraga

Jangan jadikan puasa sebagai alasan Anda untuk tidak berolahraga. Berolahraga saat di bulan buasa memang akan membuat Anda merasa capek dari biasanya. Untuk mengakalinya, Anda bisa berolahraga saat malam hari. Setelah salat tarawih, Anda bisa lakukan olahraga ringan, seperti push-up, sit-up, atau angkat barbel. Bisa juga dengan jalan kaki, entah saat ngabuburit ataupun berangkat ke masjid. Dengan begitu, berat badan Anda pun akan berkurang.

Itulah tadi hal-hal penting yang sering diabaikan saat berpuasa. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menjalani hidup sehat meski di bulan puasa. Semoga ulasan di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari IDN Times

Jabarnews | Berita Jawa Barat