bjb

9 Langkah Ini Ampuh Bagi Anda Yang Sering Ketinggalan Sahur

JABARNEWS | BANDUNG - Kita ketahui bersama bahwa sahur menjadi momen penting saat berpuasa. Apa jadinya jika Anda tidak sahur? Bisa jadi Anda kuat, namun pastinya akan sangat berat untuk dijalani. Terlebih lagi jika Anda sudah menyiapkan makanan. Sangatlah disayangkan sekali jika makanan yang sudah Anda siapkan untuk santap sahur menjadi basi dan harus dibuang.

Bagi Anda yang tak ingin itu terjadi, simaklah sembilan tips di bawah ini dan siapa tahu bisa jadi inspirasi baru bagi Anda, di antaranya:

1. Buat Pola Tidur Yang Baik, Tidur Lebih Awal, Bangun Lebih Awal
Saat bulan puasa ramadan, pola tidur Anda pastinya akan mengalami perubahan. Bagi Anda yang sudah terbiasa bangun subuh, bangunlah lebih awal. Untuk itu, Anda pun disarankan untuk tidur lebih awal. Anda bisa tidur satu jam sebelum waktu tidur biasa Anda.

2. Jangan Makan Makanan Berat Sebelum Tidur
Makan-makanan berat akan membuat perut Anda kenyang dan tidur terlalu pulas. Oleh karena itu, hindari makan sebelum tidur, selain dapat membuat Anda telat sahur, juga bisa membuat gendut. Hindari juga makan terlalu banyak ketika berbuka puasa.

3. Hindari Pekerjaan Berat Saat Malam
Gunakan waktu pagi dan siang hari Anda untuk bekerja. Sementara saat malam hari, Anda bisa fokuskan untuk berbuka dan beribadah saja. Jika Anda paksakan untuk bekerja saat malam, maka bisa jadi Anda akan tidur dalam keadaan sangat lelah dan bangun kesiangan. Hal tersebut bisa saja terjadi meskipun Anda tidur tepat waktu.

4. Minum Air Putih
Air putih terbilang cara alami untuk membuat Anda terbangun. Selain menyehatkan, secara alami Anda akan buang air kecil saat sahur. Meski begitu, jangan minum terlalu banyak, cukup satu sampa dua gelas saja.

5. Hindari Kafein Sebelum Tidur
Kafein dari teh dan kopi hanya akan membuat kerja jantung Anda semakin cepat dan dapat membuat Anda terjaga. Jika Anda tidak dapat melewatkan waktu minum teh atau kopi, maka Anda bisa saja melakukannya sesaat setelah berbuka.

6. Usahakan Menu Sahur Yang Mudah Dan Praktis
Anda mungkin akan dibuat ribet saat menyiapkan makanan dan waktu sahur Anda pun menjadi berkurang. Mungkin Anda pernah memiliki pengalaman menyiapkan hidangan sahur namun tiba-tiba sudah azan Subuh. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memasak sebelum tidur atau menghangatkan makanan yang tersisa saat berbuka puasa. Hindari makanan instan terlalu sering karena tidak baik bagi kesehatan tubuh.

7. Pasang Alarm Dan Patuhi
Saat malam hari, Anda pasti akan memasang alarm bukan? Namun disarankan agar Anda memasang alarm dengan nada yang lembut namun dengan volume yang cukup keras. Hindari memasang alarm yang mengagetkan dan terlalukeras, karena hal itu hanya akan membuat suasana hatimu menjadi buruk yang sering berdampaak menjadi malas menyantap menu sahur.

8. Minta Bantuan Keluarga Atau Teman Untuk Membangunkan
Keluarga satu rumah sudah pasti akan membantu Anda bangun untuk sahur. Jika Anda tidak yakin, maka Anda bisa meminta bantuan teman-teman Anda. Bisa dengan teks ataupun telepon dan pastikan Anda membalas mereka agar mereka tahu bahwa Anda sudah benar-benar bangun.

9. Berniat Dan Berdoa
Seperti kita ketahui, niat merupakan kunci sukses untuk bangun pagi. Jika Anda sudah berniat, maka jiwa dan raga pun akan siap sedia dan mensugesti untuk bangun tepat waktu.

Nah, itulah tadi sembilan tips agar Anda tidak ketinggalan sahur. Semoga tips di atas dapat berguna dan menginspirasi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari IDN TIMES

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi