Inilah Beberapa Menu Takjil Yang Bisa Turunkan Berat Badan

JABARNEWS | BANDUNG – Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, maka bulan puasa ramadan menjadi salah satu cara yang tepat. Mengapa? Karena pada bulan suci ini, Anda dapat dengan mudah untuk mengendalikan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Tidak hanya pada hidangan utama, menu takjil juga perlu Anda perhatikan agar berat badan tidak bertambah. Berikut di bawah ini adalah aneka menu takjil yang cocok untuk disantap saat sedang menurunkan berat badan, di antaranya yaitu:

Kolak Pisang Tanpa Santan

Pada umumnya, kolak pisang diolah dengan menggunakan santan dan gula. Namun, kedua bahan makanan tersebut justru dapat memicu naiknya kolesterol dan gula darah. Disarankan agar Anda dapat mengganti keduanya dengan yoghurt. Buah pisang yang mengandung banyak serat dapat membuat Anda merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Ditambah dengan menggunakan yoghurt, maka akan masuk kandungan probiotik yang juga berguna untuk kesehatan usus. Sehingga, proses menurunkan berat badan akan menjadi lebih efektif karena metabolisme tubuh yang bekerja dengan baik.

Baca Juga:  Sukses Buat Perlombaan Pop Sunda, DPRD Acungi Jempol Ajungan Provinsi Jabar

Es Buah

Menu takjil yang satu ini memang sangat cocok untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Untuk menstabilkan berat badan Anda, dianjurkan untuk memilih buah-buahan yang kaya akan serat dan juga rendah gula. Anda dapat memilih alpukat, pepaya, dan apel sebagai racikan es buah untuk takjil. Tidak perlu menambahkan gula ataupun susu kental manis lagi dalam es buah Anda, karena rasa manis tersebut sudah didapatkan secara alami dari ketiga buah tersebut.

Baca Juga:  Mulyadi Apresiasi Konsep Gus Menteri Soal Smart Village dan Pembangunan Desa

Kurma

Buah kurma sudah sering menjadi pilihan untuk menjadi menu takjil. Selain dapat menjalankan sunnah Rasulullah, kurma juga mengandung banyak serat yang dapat menurunkan berat badan. Serat dalam buah kurma juga dapat membuat Anda menjadi cepat kenyang, sehingga akan mencegah Anda untuk makan berlebih saat malam hari. Konsumsilah tiga buah kurma selama bulan puasa untuk mencapai berat badan yang ideal.

Baca Juga:  Unisba Dipercaya Jadi Host Bimtek LAM Teknik dari LLDIKTI

Kacang Hijau

Penelitian dalam Journal of Nutrition mengungkapkan bahwa makanan yang mengandung kacang-kacangan akan menghasilkan kolesistokinin, yaitu hormon pemicu rasa kenyang yang dua kali lipat dari makanan lain. Sehingga, Anda dapat memilih kacang hijau sebagai menu takjil. Kandung serat, protein, dan anti oksidan pada kacang hijau juga dinilai aman untuk berat badan Anda.

Itulah tadi beberapa macam menu berbuka puasa yang baik bagi Anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Glitzmedia

Jabarnews | Berita Jawa Barat