Seimbangkan Hormon Tubuh Dengan Konsumsi Makanan Ini

JABARNEWS | BANDUNG - Hormon merupakan sistem pengontrol keseimbangan tubuh. Seiring dengan bertambahnya umur, makanan yang mengandung bahan kimia, sampo, bahkan wewangian yang kita gunakan sehari-hari bisa mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh. Selain mood swin dan ketidaksuburan, kadar hormon yang tidak sehat di dalam tubuh juga bisa meningkatkan resiko terkena kanker serta penyakit serius lainnya.
Memakan makanan yang mengandung protein murni, lemak sehat, sayur-sayuran tinggi antioksidan, dan rempah-rempah dapat mengembalikan kondisi hormon pada tubuh seperti semula. Berikut daftar makanannya.
Protein Murni
Protein murni adalah jenis protein yang terdapat pada daging yang tidak terkontaminasi oleh pestisida maupun zat berbahaya lainnya. Protein murni tidak bisa didapatkan dari daging ayam, ikan, sapi, telur, dan susu yang dihasilkan dari peternakan karena kebanyakan binatang ternak tersebut diberi pakan yang mengandung suntikan hormon. Protein murni terdapat pada makanan seperti:
1. Kacang-kacangan
Hampir semua jenis kacang-kacangan kaya akan beta-sitosterol, yaitu zat alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Almond merupakan jenis kacang yang sangat direkomendasikan untuk diet sehat karena mengandung protein, serat, beta-sitosterol, dan nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh.
2. Kedelai Organik
Mengonsumsi kedelai organik secara teratur dapat menjaga kepadatan tulang, menjaga keseimbangan tubuh, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, melindungi prostat, dan meringankan gejala menopause.
3. Quinoa
Tak seperti sumber karbohirdat lainnya, quinoa merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah sehingga tidak akan menaikkan kadar gula darah dalam tubuh secara cepat. Seperti yang diketahui, saat kadar gula dalam darah naik maka kadar insulin pun ikut naik sehingga keseimbangan hormon dalam tubuh pun ikut berubah.
4. Daging Organik
Agak sulit mencari daging dari binatang ternak yang diberi pakan rumput tanpa suntikan hormon di Indonesia. Namun sekarang mulai banyak produsen daging organik yang menjajakan produknya walaupun dengan harga yang lebih mahal dibandingkan daging biasa.
7. Kuning Telur
Kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, D, E, B2, B6, B9, zat besi, kalsium, fosfor, dan potassium. Semua zat ini berkontribusi dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi, keseimbangan hormon, dan kulit yang sehat.
8. Asam Lemak Omega-3
Beberapa jenis minyak sepeti flax seed oil, hemp seed oil, dan fish oil yang mengandung asam lemak omega-3 terbukti memiliki efek positif bagi wanita khususnya yang sedang mengalami gejala menopause. Kandungan asam lemaknya baik untuk kesehatan jantung, payudara, tulang, dan membuat mood lebih stabil.
Sayuran
Berbagai sayuran yang tinggi akan kandungan antioksidan juga berfungsi untuk mencegah timbulnya resiko penyakit kanker kronis di dalam tubuh. Berikut sayur-sayuran yang wajib kamu konsumsi:
9. Brokoli
Brokoli dan sayuran hijau lainnya seperti kembang kol, bayam, kale, kubis, dan asparagus dapat membantu memecah metabolit estrogen. Hal ini bisa menjadi pemicu tumor, khususnya pada sel-sel payudara yang sensitif terhadap estrogen.
10. Wortel
Sayuran berwarna cerah seperti wortel juga berperan penting dalam membantu proses detox hormon estrogen yang berlebih. Pastikan kamu mengonsumsi wortel mentah untuk efek terbaik.
11. Umbi-umbian
Ubi manis, lobak, dan buah bit juga baik untuk dikonsumsi. Sesekali gantilah nasi putih dengan ubi manis untuk sumber karbohidrat yang lebih baik untuk keseimbangan hormon.
Buah-buahan Tinggi Antioksidan
Makan buah-buahan segar seperti di bawah ini dipercaya dapat menjaga mood agar lebih stabil dan memperlambat menopause pada wanita:
12. Anggur
Angur kaya akan kandungan flavonoid yang bagus untuk kesehatan kulit sekaligus hormon. Selain anggur, buah-buahan seperti buah citrus dan jenis buah berry juga kaya akan kandungan flavonoid.
13. Delima
Delima memiliki senyawa alami untuk menghambat enzim di dalam tubuh wanita yang mengubah estrogen lemah menjadi estrone dan estradiol. Hormon-hormon ini berperan dalam menjaga kesuburan organ reproduksi pada wanita.
14. Apel Organik
Seperti pepatah mengatakan, "An apple a day keeps the doctor away." Rutin mengonsumsi apel yang kaya akan antioksidan flavonoid dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit kronis yang berhubungan dengan penuaan, osteoporosis, penyakit jantung, kanker, stroke, dan diabetes.
Itulah tadi beberapa macam makanan yang dapat menyeimbangkan hormon tubuh. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Selamat mencoba. (Fin)
Sumber artikel ini diambil dari Beautynesia
Jabarnews | Berita Jawa Barat
 
 
Tags :
teu baleg

berita terkait