bjb

Pemudik Via Udara Meningkat

JABARNEWS | JAKARTA - Beragam moda transportasi bisa menjadi pilihan saat mudik, mulai dari angkutan darat, laut, udara, hingga angkutan berbasis rel. Tapi mana yang paling diminati?

Dari info mudik 2018 yang disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada mudik kali ini, masih lebih banyak masyarakat yang memilih angkutan darat yakni bus umum. "Angkutan umum masih darat, udara, kereta api, nomor empat laut," kata Budi seperti dilansir dari detik, Minggu (10/6/2018).

Dia juga menyampaikan pada tahun ini terjadi pertumbuhan pengguna angkutan udara alias pesawat. "Udara juga bagus ada perkembangan, rencananya (tumbuh) 9%, sekarang terealisasi 9%, ada kenaikan," jelasnya.

Meski angkutan laut masih menjadi pilihan terakhir bagi pemudik, namun kata Budi sudah ada peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari keterisian bangku penumpang atau okupansi yang sudah mendekati 90%.

"Laut sebelumnya kurang favorit. Tahun ini ada gratis, Jakarta-Semarang, dengan jumlah 30 ribu orang dan 15 ribu motor. Sekarang okupansinya sudah mendekati 90%. Ini suatu jumlah yang baik, dan ini akan konsistensikan pola mudik melalui laut yang potensinya banyak sekali," tambahnya. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi