bjb

Tips Menaikkan Berat Badan Saat Di Bulan Puasa

JABARNEWS | BANDUNG - Sebagian orang mungkin akan mudah menaikkan berat badan saat di bulan puasa ramadan. Namun ada pula sebagian orang yang justru sulit untuk menaikkan berat badannya saat di bulan puasa.
Bagi orang yang memiliki tubuh terlalu kurus, mempertahankan hingga menambah berat badan saat di bulan puasa adalah suatu hal yang cukup menantang. Makan yang lebih sering sebagai bentuk upaya agar berat badan naik tidak dapat dilakukan dengan maksimal. Akan tetapi, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, di antaranya yaitu:
Perhatikan Pola Makan
Waktu Anda untuk mendapatkan kalori dan nutrisi lainnya adalah pada saat berbuka puasa hingga imsak. Dalam waktu tersebut, cobalah untuk lebih sering makan dengan porsi yang tidak terlalu banyak, namun sering. Anda dapat menikmati camilan seperti yoghurt, kurma, jus buah, dan susu saat dua jam sebelum tidur. Daftar camilan tersebut bersifat sehat dan terbukti dapat menaikkan berat badan Anda.
Perhatikan Pola Minum
Selain mengatur pola makan, Anda pun harus mengatur pola minum saat berpuasa. Bagi yang ingin menambah berat badan saat di bulan puasa, disarankan untuk menghindari banyak minum air sebelum makan sahur atau saat berbuka puasa. Minumlah yang banyak setelah Anda selesai makan.
Banyak Konsumsi Kalori
Cara terakhir dan yang menjadi syarat utama agar berat badan naik adalah menambah jumlah kalori pada makanan yang akan dimakan. Tambahlah kalori pada makanan Anda secara bertahap. Disarankan untuk menambah 300 – 500 kalori per hari saat sahur atau berbuka. Anda bisa mendapatkan tambahan kalori tersebut dari makanan yang banyak mengandung lemak dan karbohidrat. Anda bisa memasukan roti, gandum utuh, kacang polong, beras merah, atau sereal sebagai menu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Masukkan pula kacang-kacangan, ikan, hingga alpukat yang mengandung lemak sehat.
Nah, itulah tadi beberapa caranya agar berat badan Anda dapat naik di saat puasa di bulan ramadan. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda. (Fin)
Sumber artikel ini diambil dari Glitzmedia
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait