Ineu, Arus Mudik Lebaran Relatif Lancar

JABARNEWS | BANDUNG – Arus lalu lintas kendaraan pada masa mudik lebaran tahun ini disinyalir berjalan lancar. Khususnya untuk arus kendaraan yang menuju wilayah Timur, baik Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, selama ini pihaknya terus melakukan pemantauan arus mudik lebaran. Baik melalui laporan para anggota dewan maupun informasi lainnya.

“Kita terus lakukan pemantauan, sebelumnya pun kita sudah himbau para anggota dewan untuk aktif memberikan informasi terkait arus mudik. Sehingga bila ada kendala yang terjadi di lapangan dilaporkan dan diselesaikan secepatnya,” jelas Ineu kepada wartawan, Senin (11/6/2018).

Baca Juga:  Hindari Jerat UU ITE, BIN Selalu Ingatkan Pengguna Konten Medsos Bernuansa Negatif

Diungkapkan Ineu, saat ini arus mudik kendaraan ke wilayah timur memang cukup padat dan terjadi pergerakan. Namun demikian kondisinya relatif lancar.

“Arus kendaraan memang cukup padat tapi terbilang lancar. Bahkan alhamdulillaah yang pergi ke Jawa Tengah dan Jawa timur itu lancar karena jalan tol sudah bisa difungsikan, pejagan sampai pemalang, pemalang, batang sampai semarang. Itu sangat cepat, bandung pemalang bisa 4 jam, pemalang semarang bisa 2 jam. Artinya arus mudik yang biasa macet jadi lancar. Kemudian yang semarang solo dan kejawa timur juga lancar,” jelas Ineu.

Baca Juga:  Tujuh Jenazah Penumpang Lion Air JT 610 Teridentifikasi

Menurutnya arus lalu lintas masih terkendali, apalagi dengan kehadiran beberapa jalur alternatif yang bisa digunakan oleh para pemudik.

“Bahkan pemerintah pusat pun meloncing jalur selatan, itu cukup membuka alternatif jalan sehingga arus kendaraan pun lancar. Kita harapkan arus mudik tahun ini bisa cukup lancar sampai arus balik nanti,” katanya.

Dikatakannya, selain karena adanya jalur alternatif, lanjutnya, libur PNS yang dilakukan sejak dini pun cukup efektif memperlancar arus mudik.

“Liburan hari raya saat ini kan cukup panjang, banyak warga masyarakat yang mudik duluan sehingga mudiknya tidak bersamaan. Kalau tahun lalu kan mepet, jadi 3 hari bersamaan, kalau sekarang sejak tgl 10 sudah ada pergerakan. Saat ini lancar lancar saja, ga ada kemacetan yang berarti,” katanya.

Baca Juga:  Gerhana Matahari Cincin Bisa Dilihat Di Sumatera Utara, Ini Waktunya

Terkait itu lanjut Ineu, pihaknya pun akan terus melakukan pemantauan kondisi arus lalu lintas dilapangan dan berkoordinasi dengan aparat pemerintah dan instansi terkait lainnya.

“Tentunya kita akan terus pantau pergerakan arus kendaraan selama mudik lebaran,” katanya. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat