bjb

Inilah Penyebab ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan

JABARNEWS | BANDUNG - Seperti kita ketahui, tugas selanjutnya sang ibu setelah melahirkan adalah menyusui bayinya. Namun, terkadang masalah muncul saat menyusui. Beberapa ibu mengeluhkan air susunya tidak keluar sehingga belum dapat menyusui bayinya beberapa hari setelah kelahiran.

Hal tersebut merupakan hal yang normal terjadi. Air susu ibu (ASI) biasanya baru keluar dua sampai tiga hari setelah melahirkan pada beberapa ibu. Namun, yang menjadi masalah adalah jika ASI ibu tidak keluar sampai hari keempat atau ASI ibu keluar tetapi sangat sedikit sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan bayinya, dan akhirnya ASI juga tidak keluar.



ASI yang lancar pun dipengaruhi oleh isapan bayi. Semakin sering bayi mengisap payudara ibu untuk mendapatkan ASI, maka akan semakin lancar juga ASI yang keluar. Jika ASI yang keluar sedikit sejak awal sehingga akhirnya ibu jarang memberikan ASI-nya pada bayi, maka lama-kelamaan produksi ASI pun berhenti dan ASI tidak keluar.

Mengapa ASI tidak keluar meski sudah melahirkan? ASI mungkin bisa saja tidak keluar yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor kelahiran, faktor saat menyusui, faktor ibu, dan lainnya. Berikut di bawah ini merupakan penyebab-penyebab ASI tidak keluar, antara lain:
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

SEREMONIA







Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi