Dengan Cara Inilah Salad Buah Bisa Bertahan Lebih Lama

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti kita ketahui, salad sayur dan buah tentunya akan terasa lebih enak dan nampak lebih cantik ketika disajikan dalam keadaan segar. Namun sayangnya, keterbatasan waktu serta jadwal yang padat membuat Anda terkadang perlu menyimpannya terlebih dahulu dan kesegarannya pun berkurang.

Anda tak perlu bingung, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar salad buah dapat lebih awet dan berikut ini adalah tipsnya:

Simpan Dalam Cling Wrap Atau Ziplock

Kontak dengan udara adalah penyebab utama oksidasi, sehingga buah berubah warna menjadi cokelat dan terasa kurang segar. Setelah dikupas, sebaiknya Anda simpan buah dalam plastik cling wrap atau ziplock yang kedap udara, hingga tiba saatnya untuk disajikan.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Jawa Barat Hari Ini Minggu 22 Januari 2023

Rendam Dalam Air

Beberapa jenis buah seperti apel dan pir memang akan mudah berubah warna apabila diletakkan begitu saja. Untuk mengatasinya, rendam potongan buah dalam baskom berisi air dingin agar tidak terjadi oksidasi. Lalu tiriskan ketika hendak disajikan.

Simpan Di Kulkas

Temperatur ruangan sangat mempengaruhi kesegaran buah, terutama buah potong. Suhu ruang dapat mempermudah tumbuhnya bakteri pada buah potong. Letakkan di container kedap udara atau tutup dengan cling wrap, lalu simpan dalam kulkas.

Baca Juga:  Inilah Komitmen Wyata Guna Bandung Untuk Membentuk Disabilitas Mandiri

Air Perasan Jeruk Lemon

Air perasan jeruk lemon yang asam dapat memperlambat proses oksidasi, sehingga salad buah tidak lekas layu atau berubah warna. Gunakan air perasan jeruk lemon secukupnya, lalu aduk rata. Simpan di dalam kulkas hingga waktunya untuk disajikan. Jika Anda tak suka dengan rasa asam dari lemon, bilas dengan air matang sebelum disajikan.

Baca Juga:  Ambulans Polri Tabrak Truk, Lalu Lintas di Kota Sukabumi Ini Macet di Kedua Arah

Jangan Campur Dengan Dressing

Beberapa dressing tertentu, terutama yang mengandung banyak gula, dapat membuat salad buah berair dan buah-buahan menjadi layu. Dianjurkan untuk menyimpan dressing secara terpisah, dan baru mencampurnya ketika hendak disajikan.

Itulah tadi beberapa tipsnya agar salad buah yang Anda buat dapat bertahan lebih lama. Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba! (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Beautynesia

Jabarnews | Berita Jawa Barat