Mudik, Ini Tips Dari Diskar PB

JABARNEWS | BANDUNG - Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) kota Bandung Ferdi Legaswara memberikan beberapa tips bagi warga Bandung yang hendak mudik.
"Pertama titipkan binatang peliharaan anda pada jasa penitipan hewan. Gunakan lampu otomatis untuk teras/taman rumah (jika lampu menyala siang hari,pencuri akan tertarik masuk karena rumah kosong), pastikan TV, Kompor, Setrika, AC, Komputer, Kipas angin & Alat2 Elektronik, sudah dimatikan. Serta jangan lupa periksa kompor gas, pastikan tidak menyala saat pergi," katanya pada Rabu (13/6/2018).
Lalu kunci jendela, pintu rumah dan gerbang anda. Kemudian titipkan nomor Hp anda ke RT/petugas keamanan agar mudah dihubungi jika terjadi sesuatu.
Nah jika mudik menggunakan kendaraan pribadi, ini tipsnya. Segera service kendaraan anda. Pastikan air radiator penuh, periksa kembali oli mesin, oli power stering, oli rem dan lainya. Pastikan AC mobil anda berfungsi dengan baik/dingin (saat macet, jika AC tidak dingin,anak balita anda akan rewel).
"Lalu siapkan perkakas kendaraan seperti dongkrak ada dan berfungsi , kunci-kunci, lampu senter, kotak P3K dan lainnya. Jika yang diperlukan Ban kendaraan anda sudah gundul atau tipis, gantilah dengan baru/masih bagus," lanjutnya.
Kemudian kata Ferdi saat mengemudi baik roda dua atau empat jangan memainkan handphone apalagi di jalan tol. Jika mengantuk, berhenti sejenak istirahat/tidur.
Tips berikutnya selalu pakai sabuk pengaman anda, gunakan helm, pake jaket, sarung tangan, masker debu, siapkan jas hujan dan kunci-kunci, senter dan lainnya.
"Bawalah makanan dan minuman secukupnya, termasuk obat-obatan, bagi yang membawa balita, siapkan pempers, tisue basah dan tempat kencing anak. Isi bahan bakar yang cukup sebelum anda berangkat menghindari macet antrian SPBU atau jauh dari SPBU," imbuhnya. (Vie)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait