bjb
itcbet

Inilah Tips Mudik Aman Bagi Para Ibu Hamil

JABARNEWS | BANDUNG - Bagi kebanyakan wanita, bepergian jauh selama kehamilan menjadi suatu kekhawatiran, termasuk untuk pergi mudik lebaran. Momen Lebaran yang khas dengan mudik ke kampung halaman merupakan hal yang ditunggu di akhir bulan ramadan.

Lalu amankah mudik saat hamil? Beberapa wanita mungkin memilih untuk tidak melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran dalam 12 minggu pertama kehamilan alias trimester pertama karena mual dan merasa sangat lelah atau sering kali mengalami morning sickness di awal kehamilan ini. Risiko keguguran juga lebih tinggi dalam tiga bulan pertama.



Sementara, mudik lebaran di trimester ketiga kehamilan bisa sangat melelahkan dan tidak nyaman. Jadi, lebih merasa aman melakukan mudik lebaran di trimester kedua kehamilan, yaitu di antara bulan keempat sampai keenam.

Berarti mudik saat hamil hanya boleh dilakukan di trimester kedua kehamilan? Tidak juga, sebenarnya jika kehamilan Anda sehat dan tidak ada komplikasi, Anda merasa kuat, dan dokter kandungan Anda mengizinkan, Anda bisa mudik di usia kehamilan berapa pun. Namun semua itu dilakukan selama Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi