bjb

Jelang Lebaran, Petani Di Kasokandel Sibuk Panen

JABARNEWS | MAJALENGKA - Bila yang lain sibuk mudik dan membuat kue-kue lebaran, tidak demikian halnya bagi sebagian petani di Kasokandel Kabupaten Majalengka yang tengah sibuk memanen padi. ‎Tentunya mereka cukup bergembira, mengingat hasilnya cukup memuaskan.

Salah seorang petani setempat, Odih mengatakan pihaknya bersyukur karena dapat memanen padi. Awalnya pihaknya merasa gusar karena kemungkinan kekurangan air, mengingat masuk musim kemarau.

"Al-hamdulillah sekarang bisa panen, semoga bisa selesai hari ini, karena Jumat kan lebaran. Tidak ada kendala apapun, cuma beberapa kali saja ‎harus memompa air," ungkapnya, Kamis (14/6).

Odih menambahkan selesai panen ini, pihaknya akan berpikir ulang untuk kembali menanam padi. Alasannya jika dipaksakan untuk menanam padi pada musim kemarau, maka secara otomatis akan kekurangan air. Hal tersebut maka akan membutuhkan biaya pompa yang cukup besar.

"Lihat situasi dulu, karena sekarang ini kan cuaca tidak bisa diprediksi, kadang hujan kadang tidak. Kami cuma berharap harga gabah tidak turun," ungkapnya.

Petani lainnya, Oco mengatakan hal yang sama. Ia bersyukur karena panennya bisa dilakukan sebelum lebaran. Sehingga ia dan keluarganya tidak perlu khawatir sesudah lebaran, sebab biasanya kalau setelah lebaran itu banyak hajatan nikahan maupun sunatanan.

"Kami bersyukur bisa panen dari kemarin, jadi kami tidak terlalu pusing bilamana ada yang hajatan nikahan atau nyunatan. Saat ini saja sudah ada dua undangan. Kalau sudah panen, kita punya persiapan," ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi