Duh, Geopark Penuh Sampah!

JABARNEWS | SUKABUMI – Libur panjang lebaran telah usai, namun sebuah masalah malah muncul, Sampah pun berserakan di lokasi wisata Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG).

Seperti tahun sebelumnya, dengan sistem yang lemah, kawasan wisata ini selalu menyisakan tumpukan sampah hingga membuat tak enak dipandang. Dikutip dari radarsukabumi, Kamis, (21/6/2018) di dekat ikon Geopark Ciletuh, Pantai Palangpang, Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas, Sepanjang Pantai Citepus hingga Karang Hawu.

Baca Juga:  Dinas Kelautan Larang Ikan Jenis Ini Hidup Di Pangandaran

Lantaran di kawasan Pantai Palangpang Desa Ciwaru viral di media sosial, Dinas Permukiman dan Kebersihan (Perkimsih) Kabupaten Sukabumi pun langsung mengerahkan dump truck untuk mengangkut. Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Ujang Abdul Rochmi pemilik penginapan bersama Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi, Dana Budiman mengerahkan para pedagang dan pemuda desa untuk melakukan bersih-bersih di sekitar lokasi Pantai Palangpang.

Baca Juga:  Bicara Soal Korupsi. UU: Harus Semakin Menguatkan Keimanan

Dana Budiman mengatakan, tingkat kesadaran wisatawan memang masih minim. Sehingga, setelah menikmati keindahan destinasi yang dikunjungi, wisatawan ini masih banyak yang tak bertanggungjawab dengan meninggalkan sampah hingga berserakan.

Baca Juga:  Babakansari Purwakarta, Desa Pertama Sosialisasikan Bahaya Narkoba Di Plered

“Padahal kita sudah sediakan tempatnya. Karena lokasinya menjadi kotor, kita bersama pedagang dan pemuda peduli lingkungan melakukan bersih-bersih. Alhamdulillah sekarang sudah bersih kembali, tinggal kita menjaganya saja,” paparnya seraya diamini Batman sapaan akrab Ujang Abdul Rochmi. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat