Nikmatnya Rujak Donggala Dari Cirebon

JABARNEWS | CIREBON - Kuliner di Cirebon tak hanya empal gentong dan nasi jamblang. Namun, ada juga rujak donggala yang menyegarkan.

Konon nama donggala berasal dari perpaduan isian kedondong, mangga, dan pala. Uniknya, tidak ada buah pala dalam rujak tersebut. Rujak khas Cirebon ini merupakan perpaduan antara manisan buah dan asinan sayuran.



Salah satu penjualnya, yaitu Rujak Donggala Ibu Sriningsih, di Jalan Winaon, Pasar Kanoman, tepat samping Klenteng Boen San Tong. "Rujak di sini awalnya yang jualan nenek, dari tahun 90an awal, tepatnya ga tau," kata Dini yang merupakan pewaris generasi ke tiga usaha rujak neneknya ini, dikutip dari kompas, Kamis (21/6/2018).

Ia menjelaskan untuk membuat rujak ini prosesnya cukup panjang, buah kedondong, mangga muda, bengkuang, dan pepaya muda terlebih dahulu dijadikan manisan. "Buahnya direndam di air gula dan kapur sirih, kaya bikin manisan aja. Sampe semalam boleh," tuturnya.

Untuk sayuran, dibuat asinan dengan dicuci dan dimasak di air garam. Beberapa di antaranya direndam di air kelapa setelah itu. "Sawi asin, mentimun dicuci air garam, terus dimasak di air garam, sebentar aja sampai meresap.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi