bjb

Dibungkam Kroasia, Kekalahan Argentina Di Fase Grup 60 Tahun Terakhir

JABARNEWS | MOSCOW - Timnas Argentina harus mengakui keunggulan Kroasia dengan skor 0-3 di matchday 2 Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod pada Kamis (21/6/2018) atau Jumat dini hari WIB.

Dilansir Bolasport.com, sepanjang pertandingan, timnas Argentina tampil lebih mendominasi dengan 58 persen penguasaan bola.

Namun, dalam hal peluang, timnas Kroasia ternyata mampu mengungguli Argentina.

Timnas Kroasia mampu menciptakan 15 peluang yang 5 di antaranya tepat sasaran.

Sementara Argentina hanya mampu melepaskan 10 tembakan dengan 3 shots on target.

Pada awal laga, timnas Kroasia sudah hampir mencetak gol saat laga baru memasuki menit ke-5.

Gelandang timnas Kroasia, Ivan Perisic, melepaskan tembakan keras mendatar ke arah gawang Argentina, tetapi bola masih mampu ditepis oleh Willy Caballero.

Sedangkan timnas Argentina baru mampu mengancam gawang Kroasia pada menit ke-13 melalui sepakan kaki kanan Maximiliano Meza yang diblok lini pertahanan lawan.

Pada menit ke-30, timnas Argentina kembali memiliki peluang emas melalui Enzo Perez, tetapi sepakan pemain River Plate itu dari posisi ideal masih sedikit menyamping dari gawang Kroasia.

Tiga menit berselang, Kroasia kembali hampir berhasil mencetak gol andaikan Mario Mandzukic dapat menyambut bola dengan tandukan secara sempurna di depan gawang Argentina.

Jelang laga babak pertama berakhir, timnas Kroasia kembali mengancam pertahanan Argentina melalui aksi Ante Rebic.

Namun, penyelesaian akhir yang buruk membuat skor imbang tanpa gol bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, performa timnas Argentina lebih baik ketimbang sebelum jeda. Hal ini terlihat dari jumlah peluang yang berhasil diciptakan Albiceleste.

Gertakan pertama timnas Argentina didapat melalui Marcos Acuna pada menit ke-49 sebelum mereka mendapat peluang tepat sasaran pertama melalui Sergio Aguero hanya 4 menit berselang.

Namun, pada menit hampir yang sama, timnas Kroasia justru berhasil mencetak gol melalui Ante Rebic.

Gol ini tercipta akibat kesalahan kiper Willy Caballero dalam membuang bola yang tidak sempurna dan langsung disambut Ante Rebic dengan sebuah tendangan voli.

Tertinggal 0-1 membuat pelatih Jorge Sampaoli melakukan beberapa perubahan.

Ia langsung menarik keluar Sergio Aguero, Eduardo Salvio, dan Enzo Perez serta memasukkan Gonzalo Higuain, Cristian Pavon, dan Paulo Dybala.

Timnas Argentina sempat mendapat peluang melalui Maximiliano Meza, Lionel Messi, Nicolas Otamendi, dan Paulo Dybala. Namun, tidak ada yang mampu berujung gol.

Sementara timnas Kroasia yang tidak memiliki banyak peluang ternyata mampu memperbesar keunggulan.

Pada menit ke-80, aksi individu Luka Modric berhasil diakhiri dengan sebuah tembakan melengkung indah yang tak mampu dijangkau Willy Caballero.

Tertinggal 0-2 membuat performa timnas Argentina menurun drastis dan berhasil dimanfaatkan oleh Kroasia untuk mendominasi laga dan menciptakan beberapa peluang tambahan.

Setelah sempat mengancam melalui Mateo Kovacic dan Luka Modric, timnas Kroasia berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-0 melalui sepakan sederhana Ivan Rakitic pada menit ke-90+1. Skor bertahan hingga akhir laga.

Kekalahan ini membuat peluang timnas Argentina untuk lolos ke fase gugur Piala Dunia 2018 semakin menipis setelah hanya mampu mengoleksi 1 poin dari 2 laga pertama di Grup D.

Sebelumnya, timnas Argentina ditahan imbang 1-1 oleh Islandia.

Selain itu, kekalahan 0-3 ini menjadi yang terbesar dirasakan timnas Argentina dalam 8 tahun terakhir di Piala Dunia setelah terakhir kali tumbang 0-4 dari Jerman di perempat final Piala Dunia 2010.

Sedangkan di fase grup, kekalahan terbesar timnas Argentina terakhir adalah saat dihancurkan Cekoslovakia dengan skor 1-6 di Piala Dunia 1958.

Sementara bagi timnas Kroasia, kemenangan ini membuat mereka berhasil memastikan diri lolos ke fase gugur dengan torehan 6 poin setelah di laga pertama berhasil menang 2-0 atas Nigeria.

Argentina 0 - 3 Kroasia (Ante Rebic 53', Luka Modric 80', Ivan Rakitic 90+1')

Susunan Pemain:

Argentina: 23-Willy Caballero, 18-Eduardo Salvio (22-Cristian Pavon 56'), 17-Nicolas Otamendi, 2-Gabriel Mercado, 3-Nicolas Tagliafico, 14-Javier Mascherano, 15-Enzo Perez (21-Paulo Dybala 68'), 13-Maximiliano Meza, 8-Marcos Acuna, 19-Sergio Aguero (9-Gonzalo Higuain 54'), 10-Lionel Messi

Pelatih: Jorge Sampaoli

Kroasia: 23-Danijel Subasic, 21-Domagoj Vida, 6-Dejan Lovren, 3-Ivan Strinic, 2-Sime Vrsaljko, 10-Luka Modric, 11-Marcelo Brozovic, 7-Ivan Rakitic, 17-Mario Mandzukic (5-Verdan Corluka 90+2'), 4-Ivan Perisic (8-Mateo Kovacic 82'), 18-Ante Rebic (9-Andrej Kramaric 57')

Pelatih: Zlatko Dalic

(Des)

 
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi