Rakor Pemungutan Dan Penghitungan Suara Pilkada 2018

JABARNEWS | PURWAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilkada Tahun 2018, Kamis (21/6/2018).

Rapat tersebut yang membahas soal seluruh persiapan menghadapi Pilkada 27 Juni 2018 mendatang ini digelar di Aula Hotel Ciwareng Inn Purwakarta.

Ketua KPU Purwakarta, Ramlan Maulana menuturkan bahwa sebagai upaya menuju Pilkada sukses tanpa ekses, seluruh detail persiapan untuk terciptanya hal tersebut kita bahas bersama steakholder terkait.

Di tempat yang sama, Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta, Oyang Este Binos, S.Fil.I menyampaikan, menghadapi tahapan Pungut Hitung, Panwaslu sudah sangat siap melakukan pengawasan. Sebab dari sisi struktur, Panwaslu sudah lengkap hingga ke tingkat TPS.

Baca Juga:  Bikin Jera! Jaksa Pinangki Divonis 10 Tahun Penjara

“Pengawas TPS saja 1492 orang. Belum pengawas desa dan kecamatan,” ujarnya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh KPU menjelang tahapan tersebut adalah kesiapan logistik di tiap TPS. Terlebih surat suara jangan sampai kurang. Hal lainnya, soal jaminan pemilih untuk dapat memilih, baik mereka yang sudah masuk dalam DPT maupun belum namun asli warga setempat.

Baca Juga:  Rebert Albert Sebut Ada Enam Tim Tangguh Pesaing Utama Persib

“Hak memilih mereka itu harus aman dan sekarang kan sudah ada Surat KPU 574, meski tidak bawa KTP tapi sudah masuk DPT. Mereka masih bisa tetap memilih,” tuturnya.

Sementara, Kapolres Purwakarta AKBP Twedi AB terkait hal diatas mengatakan, pihak keamanan dari TNI-Polri dan instansi pemerintahan lainnya sudah siap untuk pelaksanaan pengamanan Pilkada dari tahap pra pelaksanaan pilkada sampai selesai pelaksanaan.

“Personil dari Polres Purwakarta dibantu oleh TNI akan ditempatkan di lapangan dan di TPS-TPS. Selain personil yang sudah ditempatkan melekat di TPS masing masing pihak Polres Purwakarta juga menurunkan pasukan beberapa Peleton dari Polres Purwakarta, Polda Jabar, Sat Brimob, Resimen Armed dan Batalyon Armed,” tegas AKBP Twedi.

Baca Juga:  Kementerian PANRB Segera Lakukan Penyederhanaan Jabatan Eselon

Pada pelaksanaan rapat koordinasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada 2018 tersebut, dihadiri pula oleh Muspida dan LO pasangan Calon. (Red)

Jabarnews | Berita Jawa Barat