Jerman Kontra Swedia, Berpeluang Imbang

JABARNEWS | JAKARTA – Grup F Piala Dunia 2018 akan memainkan pertandingan Jerman vs Swedia. Menilik tren performa kedua tim, laga Die Mannschaft melawan Blagult berpotensi seri.

Pertandingan antara Jerman vs Swedia akan berlangsung di Fisht Olympic Stadium, Minggu (24/6/2018) pukul 01.00 dinihari WIB. Jerman wajib menang agar bisa menjaga peluang bertahan di turnamen di Rusia lebih lama. Hasil kekalahan akan mengirim tim asuhan Joachim Loew itu pulang ke rumah.

Dikutip dari detik, Sabtu (23/6/2018), Jerman dan Swedia mempunyai sejarah rekor pertemuan yang panjang. Mereka sudah 36 kali berhadapan. Jerman menang sebanyak 15 kali, sementara Swedia menang 13 kali. Laga sisanya selesai dengan hasil imbang.

Dalam rentang waktu 2006 hingga 2013, cuma ada lima laga yang mempertemukan Jerman dengan Swedia. Jerman juga unggul agregrat dengan catatan tiga kemenangan dan dua hasil imbang.

Jerman memetik kemenangan dalam laga terakhir, yang selesai dengan banyak gol. Pertemuan di Friends Arena, Solna, pada 16 Oktober 2013, selesai dengan skor akhir 5-3 untuk kemenangan Jerman. Hat-trick Andre Schuerrle membantu Jerman menang di ajang kualifikasi Piala Dunia 2014.

Baca Juga:  Satgas Covid Ingatkan Disiplin Protokol Kesehatan Untuk Antisipasi Klaster Pengungsian

Julian Draxler menjadi pemain dengan performa paling bagus saat Jerman kalah melawan Meksiko. Dia mendapatkan nilai paling tinggi dari Whoscored, angkanya 7,72.

Kreativitas Draxler dibutuhkan andai Mesut Oezil masih belum tampil maksimal. Di pertandingan pertama, pemain Arsenal itu tak bisa melepaskan tembakan tepat sasaran. Jerman melepaskan 26 tembakan, hanya satu yang ditorehkan Oezil.

Draxler memberi kontribusi yang cukup oke dengan sumbangan 3 umpan kunci yang dilepaskan sepanjang pertandingan. Dia melepaskan 5 tembakan, satu tepat sasaran.

Untuk posisi ujung tombak. Mario Gomez layak mendapatkan kepercayaan. Dia menunjukkan perfoma yang lebih oke dibandingkan dengan Timo Warner.

Gomez baru bermain di menit ke-85 pada laga melawan Meksiko. Tapi, jumlah percobaannya sama dengan Werner yang bermain 85 menit. Gomez mencatatkan tiga shot, satu di antaranya mencapai sasaran. Dengan pengalaman yang dimiliki Gomez, dia layak diberi kepercayaan oleh Joachim Loew menjadi starter saat melawan Swedia.

Baca Juga:  Subang Kembali Diguyur Hujan, Warga: Banyak yang Was-was

Sementara di kubu Swedia, Andreas Granqvist akan menjadi andalan lagi di lini belakang. Dia solid mengawal pertahanan saat berduet dengan Pontus Jansson, hingga mampu mengisolasi Korea Selatan. Tak ada shot on target yang dicatatkan Taeguk Warrior di pertandingan melawan Swedia.

Granqvist mencatatkan 3 clearance, 2 blok, 2 intersep, dan satu gol yang dibukukan lewat titik putih. Dia juga bisa sesekali membantu serangan, saat melawan Korsel melakukan dua tembakan selain penalti, satu tepat sasaran.

Jerman sedang menurun belakangan ini. Dalam tujuh pertandingan terakhir, tim asuhan Joachim Loew itu cuma menang sekali. Mereka menelan tiga kekalahan dan tiga hasil imbang.

Lini belakang yang rapuh menjadi lubang di jantung pertahanan. Mereka kebobolan sebanyak tujuh gol, dan hanya membukukan satu clean sheet.

Baca Juga:  Efek Domino Virus Corona, Pemuda Miliki Peran Besar di Masa Transisi Saat Ini

Satu masalah dimiliki Loew di lini belakang menatap laga krusial melawan Swedia. Mereka berpeluang tak akan diperkuat Mats Hummels karena mengalami cedera leher saat latihan. Antonio Ruediger sepertinya akan dipercaya

Kinerja sisi serangan juga kurang oke dengan catatan sebanyak enam gol dalam tujuh pertandingan. Sementara itu, Swedia sebenarnya juga tak sedang tampil meyakinkan. Dalam enam pertandingan terakhir, mereka membukukan sebanyak dua kemenangan, dua hasil imbang, dan dua kekalahan.

Kemenangan tipis Swedia saat menghadapi Korea Selatan, menjadi pemutus puasa kemenangan dalam empat pertandingan.

Dengan lini depan kedua tim yang belum tajam di laga pertama, ada kemungkinan laga ini berakhir tanpa gol.

Rumah taruhan Eropa memang masih menjagokan Jerman bakal memenangi pertandingan. William Hill memberikan koefisien 4/9 untuk kemenangan Jerman, hasil imbang di koefisien 10/3, dan kemenangan Swedia di koefisien 13/2. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat