DPRD Jabar Imbau Masyarakat Waspadai Kecurangan Pilkada

JABARNEWS | BANDUNG - Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Irfan Suryanagara, mengimbau masyarakat untuk turut aktif mengawasi proses Pemilihan Gubernur Jawa Barat dan Pilkada Serentak. Sehingga proses Pilkada bisa berkualitas.
"Saya menghimbau masyarakat untuk turut serta mengawasi bagaimana proses Pilkada nanti. Ini sangat penting untuk masa depan Jawa Barat ke depan," jelas Irfan, Sabtu (23/6/2018).
Dikatakannya, sebentar lagi proses pemungutan suara untuk Pilkada dan Pilgub Jabar akan dilakukan, tepatnya pada 27 Juni 2018. Menurutnya, peran serta masyarakat dalam mengawasi proses Pilkada dan Pilgub Jabar sangat penting. Hal tersebut bisa mencegah terjadinya kecurangan pada proses Pilkada.
"Tidak hanya dari unsur pemerintah, masyarakat pun harus aktif melakukan pengawasan. Jangan biarkan Pilkada ini diciderai oleh kecurangan-kecurangan Jadikan Pilkada ini sebagai Pilkada yang berkualitas," katanya.
Peran serta masyarakat dalam pengawasan Pilkada, lanjutnya, sangat penting demi menjaga stabilitas dan situasi yang kondusif. Sehingga pelaksanaan Pilkada bisa berjalan dengan aman dan lancar.
"Masyarakat juga harus memantau penyelenggaraan Pilkada sehingga dapat hasil yang baik yang diinginkan masyarakat Jabar," katanya.
Kata Irfan, pada pelaksanaannya nanti, bila masyarakat menemukan hal-hal yang mencurigakan yang terkait dengan kecurangan, bisa langsung melaporkan hal tersebut pada Bawaslu atau pihak-pihak terkait lainnya.
"Kalau ada kecurangan, segera laporkan. Mari kita sama-sama menjaga Pilkada Jabar ini menjadi proses edukasi politik yang baik, dan menghasilkan pemimpin yang baik," katanya.
Terkait dengan pengawasan Pilkada, Irfan menuturkan, Partai Demokrat telah menyiapkan para kader dan relawan untuk menjadi saksi di seluruh TPS di Jawa Barat.
"Ada sekitar 81 ribu saksi yang akan kita sebar di setiap TPS. Mereka akan mengawasi jalannya proses pemungutan suara nanti. Kita harap tidak ada kecurangan kecurangan seperti yang dilakukan sebelumnya," katanya.
Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk bisa menyalurkan aspirasinya pada proses Pilkada Serentak dan Pilgub Jabar nanti.
"Kita juga menghimbau kepada seluruh masyarakat jabar tanggal 27 jni pakai hak pilihnya, coblos sesuai hati sanubari. Dan kepada peserta Pemilu tegakan Pemilu yang fairplay. Kita jaga Pilkada Jabar menjadi Pilkada yang gembira, seperti wisata politik," katanya. (Wan)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
 
Tags :
teu baleg

berita terkait