Pilkada Serentak 2018, Polres Cimahi Kerahkan 987 Pasukan  

JABARNEWS | CIMAHI – Sebanyak 987 personel dilibatkan dalam pengamanan Pilkada Serentak 2018. Mereka akan mengamankan sekitar 5.000 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di wilayah Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan Kecamatan Margaasih Kabupatetn Bandung.

Selain itu, juga ada bantuan BKO dari Polda Jabar personel setingkat 1 SSK ditambah bantuan rekan TNI 1 SSK yang standby mako.

“Kami arahkan jajaran, kenali wilayah pengamanan, koordinasi dengan warga pemerintahan setempat, proaktif kalau ada kemunculan hal yang mencurigakan serta disampaikan berjenjang kepada instansi terkait,” kata Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, di sela-sela apel pasukan sekaligus pergeseran personel menuju wilayah tugas masing-masing di Mapolres Cimahi, dikutip laman Pikiran Rakyat, Senin (25/6/2018).

Baca Juga:  Mengenal Ragam Manfaat Meminum anggur Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Dikatakannya, pihaknya siap mengamankan tahapan Pilkada Serentak 2018 mulai dari distribusi logistik, pemungutan suara, penghitungan suara, hingga penetapan pemenang.

“Dalam masa tenang juga kami turun bantu lakukan pengamanan meski tupoksi penertiban Alat peraga kampanye (APK) ada di Panwas dibantu Satpol PP pemerintahan setempat,” ungkapnya.

Baca Juga:  BKD Award 2018, ASN Jabar Diminta Berintegritas, Profesional Dan Melayani

Sejauh ini, lanjutnya, Polres Cimahi belum menemukan adanya dugaan pelanggaran pidana pada Pilgub Jabar maupun Pilbup Bandung Barat.

“Sejauh ini masih kondusif, kami lakukan upaya preventif dan preemtif. Kami terbuka menerima masukan dan laporan masyarakat. Serta terus berkoordinasi dengan instansi terkait yang berwenang karena pilkada harus kerja bersama,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya mempersilakan masyarakat menggunakan hak pilih dan menjamin keamanan pelaksanaan Pilgub Jabar dan Pilbup Bandung Barat di wilayah Polres Cimahi.

Baca Juga:  Didatangi BPPD Jabar, Camat Cikadu Bahas Rencana Pembangunan Kawasan Sains Teknologi

“Demi suksesnya pilkada aman dan damai,” tuturnya.

Mengenai apel pasukan, Kapolres mengatakan, itu dilakukan memastikan kesiapan personel maupun perangkat operasional lainnya untuk memastikan pengamanan Pilkada Serentak tersebut berlangsung aman di wilayah Polres Cimahi.

“Apel kesiagaan sekaligus pergeseran pasukan dalam rangka mengecek kesiapan personel maupun sarana prasarana dan pengamanan yang akan dilakukan personel di masing-masing TPS,” ujarnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat