Siaga Pilkada, Ini Langkah Yang Dilakukan PLN

JABARNEWS | BANDUNG – Jelang Pilkada Serentak 2018, PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat menyatakan siap siaga.

GM PLN Distribusi Jabar, Iwan Permana, mengatakan, untuk menjamin keandalan pasokan listrik pada pelaksanaan Pilkada dan Pilgub Jawa Barat Tahun 2018, PLN Distribusi Jawa Barat telah melakukan koordinasi yang cukup intensif dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota.

Koordinasi tersebut bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadap objek-objek yang dianggap vital sesuai dengan agenda Pilgub dan Pilkada Serentak pada 27 Juni 2018.

Baca Juga:  30 Siswa SMKN 10 Garut Dapat Beasiswa

Adapun langkah-langkah yang telah dilaksanakan untuk menjamin keandalan pasokan listrik di Pilkada dan Pilgub Jawa Barat yaitu:

1. Menjalin komunikasi dengan KPU baik itu di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk menginventarisir objek-objek vital sehubungan dengan rangkaian pelaksanaan Pilgub/Pilkada serentak di wilayah Jawa Barat .

2. Membuat Pedoman Siaga Pilkada Serentak Provinsi Jawa Barat tahun 2018 yang berisi:

a. Peta teknis terkait pasokan listrik di sejumlah objek-objek penting di seluruh Jawa Barat

b. Skenario manuver beban bilamana terjadi gangguan pasokan listrik karena kondisi di luar prediksi atau force majeur

c. Daftar lokasi penting dan pejabat yang terkait dengan pengamanan pasokan listrik

Baca Juga:  Jamin Keamanan Asian Games, Razia Kejahatan Diintensifkan

3. Menyiagakan petugas untuk berjaga di dua ujung tegangan yang menyuplai objek-objek penting di masa Pilkada dan Pilgub berlangsung. Masing-masing objek penting tersebut telah diinventasir pasokan utama dan pasokan cadangan untuk mengantisipasi adanya gangguan.

4. Menyiagakan backup genset untuk penyelenggaraan agenda-agenda penting termasuk penghitungan suara di kantor-kantor KPUD di seluruh wilayah Jawa Barat.

Baca Juga:  Tengok Kecanggihan Apartemen Ayam, Ridwan Kamil: Terobosan Teknologi 4.0

5. Posisi pasokan daya dan jaringan listrik dinyatakan siap untuk menunjang seluruh kegiatan Pilkada dan Pilgub 2018.

“PLN menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan jaringan listrik sesuai dengan peruntukkanya untuk keperluan Pilkada dan Pilgub di kantor-kantor maupun tempat pemungutan suara. Bilamana terjadi masalah terkait dengan pasokan listrik dapar segera menghubungi Contact Center PLN 123 agar segera ditangani oleh petugas,” tegasnya. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat