Pilkada Ciamis, 570 Pesantren Diklaim Dukung Iing-Oih

JABARNEWS | CIAMIS – Pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin (Idola) disebut-sebut mendapat dukungan dari 570 pondok pesantren di Kabupaten Ciamis.

Pimpinan Pondok Pesantren Al Hasan Kabupaten Ciamis, yang juga Ketua Himpunan Alumni Miftahul Huda (Hamida) Jawa Barat, KH. Syarif Hidayat, mengatakan, dukungan dari para ulama pondok pesantren ini tak hanya berdasarkan pertimbangan dan musyawarah, tetapi juga dari hasil istikhoroh yang dilakukan secara bersama-sama.

“Akhirnya, para ulama memutuskan mendukung Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin yang diyakini akan membawa kebaikan untuk Kabupaten Ciamis,” kata Syarif, saat memberikan sambutan sebagai perwakilan dari kalangan ulama pada acara rapat terbuka paslon Idola, di Taman Lapang Lokasana Ciamis, Jawa Barat, ahir pekan lalu, dikutip laman Harapan Rakyat.

Baca Juga:  50 Persen Trayek Angkutan Di Kabupaten Bandung Mati

“Alasan lainnya, Iing Syam Arifin merupakan keturunan pemilik pesantren Awipari Tasikmalaya. Sementara Oih Burhanudin pernah menimba ilmu di Pesantren Cijantung. Artinya, keduanya berasal dari lingkungan pesantren dan merupakan santri,” tegasnya.

Dikatakannya, penduduk di Kabupaten Ciamis mayoritas beragama Islam. Dengan begitu, tidak bisa sembarangan orang memimpin Ciamis.

Baca Juga:  Bauman Bidik Poin Penuh Lawan PSIS

“Pemimpin Ciamis harus benar-benar teruji secara ilmu keagamanya, ilmu pengetahuannya, kredibilitas serta pengalamanya. Yang terpenting, harus berpihak kepada bidang keagamaan dan kemasalahatan umat,” pungkasnya.

Sebelumnya, ribuan massa pendukung pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin- Oih Burhanudin (Idola), membanjiri Taman Lapang Lokasana Ciamis, Sabtu (23/06/2018)

Massa dari kader dan simpatisan parpol pendukung serta relawan ini datang ke lokasi acara dengan menggunakan berbagai kendaraan roda empat maupun roda dua. Sebelum kampanye dimulai, semua peserta kampanye mengikuti istigosah bersama 40 kyai. Setelah itu, baru acara kampanye dimulai dengan orasi dari para petinggi partai pengusung. Kemudian dilanjutkan orasi politik dari pasangan calon.

Baca Juga:  Tim Ahli Cagar Budaya Datangi Majalengka, Ada Apa?

Acara kampanye inipun semakin meriah dengan kehadiran artis pendukung yang ikut menghibur peserta kampanye. Tak tangung-tanggung, pasangan Idola menghadirkan artis kenamaan, yakni Grup Band Naff, pemeran sinetron Preman Pensiun seperti tokoh Ubed dan Ceu Edoh serta pelawak Ogi “SoS”. (Des)

Jaarnews | Berita Jawa Barat