aqua

Ejaan Etik, Estetik Politik Plato Dan Aristoteles

SEBAB dalam politik banyak intrik. Sebab dalam politik juga perlu duit. Sebab dalam politik tidak lepas soal tarik menarik. Juga oleh sebab politik soal klaim retorik.  Tapi jangan lupa, bahwa dalam politik juga ada persoalan etik dan estetik. Etik politik yang menjadi ukuran kesantunan berpolitik, sedang estetika menjadi takaran seni berpolitik.

Soal etik dan estetika politik memang bukan barang baru, dia barang lama yang sudah sejak ribuan tahun lalu ada. Karena Aristoteles pun mengatakan di Nichomachean Ethics bahwa politik itu sesuatu yang



indah dan terhormat. Sedangkan Plato bilang, politik itu agung dan mulia, wahana membangun masyarakat yang utama.

Itu politik menurut para pendahulu yang jauh di negeri sana, bagi sebagian mungkin hal itu jauh berbeda dengan kondisi yang ada. Etika dan estetika politik itu sendiri dapat tercerminkan salah satunya pada praktik komunikasi politik yang dilakukan.

Politik itu kejam, politik itu kotor, politik itu sadis, politik itu bla bla bla. Jadi, politik itu harus kita jauhi bersama. Kata sebagian orang dalam obrolan-obrolan di warung kopi, di terminal, di pangkalan ojek, di pesisir, bahkan ibu-ibu arisan dan jamiahan pun juga ikut-ikutan tak mau ketinggalan. Soal Anda sepakat atau tidak, silahkan Anda jawab sendiri, iya atau tidak.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi