Ada WNA Pantau Pilkada Di Bekasi

JABARNEWS | BEKASI -Praktisi pemilu yang merupakan warga negara asing (WNA) memantau jalannya pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di TPS 01 Kecamatan Bekasi Selatan, Pekayon Jaya, Kota Bekasi, Rabu (27/6/2018). Tommy Siswanto, anggota Panwaslu Kota Bekasi, mengatakan perwakilan negara itu berasal dari Australia, Timor Leste, Myanmar, dan India.

Baca Juga:  Dalam Empat Tahun, Jokowi Bangun Beragam Prestasi

Adapun tujuan para praktisi pemilu tersebut memantau jalannya pesta demokrasi di Indonesia ini ialah untuk melakukan studi banding dan menjadikannya sebagai contoh untuk pemilu di negara mereka. “Mereka melakukan studi banding yang kemudian akan dijadikan platform untuk menyelenggarakan Pemilu negara mereka masing-masing,” kata Tommy dikutip dari kompas.

Baca Juga:  Diduga Merugikan Negara LSM AKSI Laporkan PT Sari Ater

Tommy menambahkan, hadirnya para perwakilan negara ini sebagai program Bawaslu RI. Programnya bernama electoral study yaitu memberi informasi seputar pemilu di Indonesia.

“Kehadiran mereka berkaitan dengan program Bawaslu RI. Program electoral study Bawaslu RI di mana kami ingin menyajikan kepada negara tetangga bahwa hari ini kami menyelenggarakan pesta demokrasi,” tambah Tommy.

Baca Juga:  Novel Baswedan dan 9 Orang Pegawai KPK Terpapar Virus Corona

Diketahui, warga negara yang hadir berjumlah 40 orang dan disebar di lima wilayah, yaitu Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Tangerang, dan Serang. Di Kota Bekasi, sendiri terdapat delapan orang yang hadir. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat