Pilkada Ciamis, Quick Count LSI: Herdiat-Yana Unggul 61,02 Persen

JABARNEWS | CIAMIS – Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Ciamis nomor urut 1, Herdiat-Yana D Putra, unggul dengan persentase 61,02 persen berdasarkan hasil quick count Pilkada Ciamis yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Sementara Paslon Bupati-Wakil Bupati Ciamis nomor urut 2, Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin, hanya memperoleh 38,98 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Fadhli Fakhri Fauzan, mengatakan, penghitungan suara ini dilakukan secara random dengan mengambil sampel 250 TPS di wilayah Kabupaten Ciamis. Meski begitu, lanjutnya, akurasi penghitungan suara ini tidak akan berbeda jauh dengan hasil KPUD.

Baca Juga:  Terima Kunjungan Menteri Luar Negeri Inggris, Ridwan Kamil Gunakan Diplomasi Cendol

“Margin error survei ini diperkirakan sekitar 1 persen. Dari berbagai Pilkada di Indonesia, hasil quick count yang kami lakukan selalu tidak berbeda jauh dengan data rekapitulasi akhir KPU,” katanya, saat menggelar konferensi pers, di Hotel Tyara Ciamis, Rabu (27/06/2018) malam, dikutip HR Online.

Dikatakannya, apabila melihat perolehan suara dari 6 Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Ciamis, Paslon Herdiat-Yana menang di seluruh Dapil. Namun, untuk data per kecamatan, Paslon Herdiat-Yana hanya kalah dari Paslon Iing-Oih di dua kecamatan, yakni di Sindangkasih dan Cidolog.

Baca Juga:  7 Club Basket Mengadu ke DPRD Terkait Atlet Luar Daerah di Bawah Umur, Dilarang Ikut  Berkompetisi di Kota Bandung

“Paslon Herdiat-Yana menang di 25 Kecamatan dan hanya kalah di 2 kecamatan,” kata Fakhri.

Perolehan suara per dapil, hasil penghitungan cepat LSI, selengkapnya; Dapil 1 (Ciamis, Sadananya, Cikoneng, Sindangkasih) Paslon Herdiat-Yana memperoleh 59,68 persen, sementara Paslon Iing-Oih 40,32 persen. Di Dapil II (Cihaurbeuti, Panumbangan, Sukamantri, Panjalu) Paslon Herdiat-Yana memperoleh 58,01 persen dan Paslon Iing-Oih 41,99 persen. Di Dapil III (Baregbeg, Cijeungjing, Cimaragas, Cidolog, Pamarican) paslon Herdiat-Yana memperoleh 57,35 persen, Paslon Iing-Oih 42,65 persen.

Baca Juga:  KPAI Purwakarta Sebut Ada 83 Kasus KDRT, Akibat Perselingkuhan Di Medsos

Di Dapil IV (Cipaku, Kawali, Lumbung, Jatinegara, Panawangan) Paslon Herdiat-Yana memperoleh 71,96 persen, Paslon Iing-Oih 28,04 persen. Di Dapil V (Rancah, Rajadesa, Sukadana, Cisaga, Tambaksari) Paslon Herdiat-Yana memperoleh 58,54 persen, Paslon Iing-Oih 41,46 persen. Di Dapil 6 (Banjarsari, Banjaranyar, Lakbok, Purwadadi) Paslon Herdiat-Yana memperoleh 59,93 persen, sementara paslon Iing-Oih 40,07 persen. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat