bjb
itcbet

Quick Count Pilgub Jabar Dan Kemungkinan Perubahan Hasil Hitung Resmi KPUD

PILKADA Serentak 2018 telah dilaksanakan pada Rabu, 27 Juni 2018 kemarin. Pusat perhatian ada di Jawa, hususnya Provinsi Jawa Barat sebagai provinsi dengan pemilih terbesar di Indonesia. Jumlah Quick Count (QC) yang diselenggarakan di Jabar memang lebih banyak daripada yang diselenggarakan di Jateng, Jatim, Sumut, Sulsel dan maupun provinsi lainnya.

Hasil QC Pilkada Gubernur Jabar 2018 menampilkan persaingan antara pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) versus Sudrajat-Syaikhu (Asyik). Dalam QC Indo Barometer selisih kedua paslon adalah 3,86% (Rindu 32,40% dan Asyik 28,54%). Dalam QC tujuh lembaga lain, selisih itu bervariasi. Paling kecil SMRC 2,68% (Rindu 32,26%; Asyik 29,28%) dan paling besar Indikator Politik Indonesia 5,05% (Rindu 34,33%; Asyik 29,28%).



Setelah hasil QC keluar, beberapa media mengajukan pertanyaan pada saya seberapa besar kemungkinan hasil QC di atas akan berbeda dengan hasil hitungan resmi KPUD Jabar. Bahkan ada yang bertanya apakah mungkin hasil hitungan KPUD Jabar akan mendapatkan hasil terbalik, di mana pasangan Asyik mendapat suara lebih tinggi daripada pasangan Rindu. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya saya membuat uraian berdasarkan pengalaman Pilkada Jabar 2013 dan data-data yang ada pada 2018.

QC Dan Hasil Pilkada Jabar 2013
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi