bjb

Asyiknya Berleha-leha Di Pantai Cisaar

JABARNEWS | SUKABUMI - Kawasan Geopark Ciletuh punya beberapa pilihan pantai. Mulai dari yang dijejali wisatawan, sampai pantai tersembunyi yang masih sepi.

Salah satu pantai yang relatif tenang dan sepi terletak di Cisaar, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Wisatawan bisa menjangkaunya dari jalan alternatif baru dari Simpang Loji yang menyusuri tepi pantai.

Hanya 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Pantai ini termasuk salah satu yang dilewati jalur alternatif tersebut sebelum sampai ke Puncak Darma dan pusat Geopark Ciletuh.

Dari bibir pantai terlihat banyak keramba terapung tempat nelayan mengambil udang. Meski pasirnya tidak terlalu putih, bahkan cenderung abu-abu, tapi tetap halus dan tidak penuh sampah seperti pantai lainnya di Ciletuh.

Birunya air dan ombaknya yang relatif tenang akan membuat Anda tidak mau berlama-lama di daratan. Walaupun terik amat menyinari Geopark Ciletuh pada siang hari.

Di pantai ini masih banyak pepohonan besar yang rindang, baik pohon kelapa, maupun pohon besar lainnya. Di sinilah tempat wisatawan mendirikan tenda-tenda, hammock, menggelar matras, dan sarana lainnya untuk bersantai menikmati indahnya laut.

Kedalaman bibir pantainya sekitar 30 sentimeter hingga 1,5 meter sebelum batas karang, saat siang hingga sore hari. Anda bisa berenang dengan aman, karena ombak terbilang tenang.

Selain berenang, banyak juga wisatawan yang menikmatinya dengan cara memancing ikan di karang-karang yang ada di pinggir pantai. Ikan yang didapat pun bermacam-macam, tetapi menurut salah satu pemancing, ikannya tidak banyak.

"Susah di sini ikannya, harus pake pancingan dan umpanan yang bagus," tutur Kivlan salah satu wisatawan asal Bogor dikutip dari kompas, Jumat (29/6/2018).

Beberapa stan makanan pun berdiri, tetapi tidak banyak, sehingga tidak penuh penjual makanan. Anda bisa membeli camilan hingga ikan mentah yang siap untuk dibakar bersama kawan.

"Pantainya tidak seramai pantai di Geopark Ciletuh lain, beda sama yang di pusat Geopark," ucap Farid, wisatawan asal Sukabumi yang mengaku baru pertama kali ke pantai ini.

Untuk masuk menikmati pantai di sini, Anda hanya perlu membayar parkir yaitu Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 3.000 untuk motor. Sayangnya fasilitas toilet masih kurang banyak dan bangunannya masih belum layak. Bangunannya terbuat dari kayu yang bolong-bolong dan wisatawan kerap mengantre. Biaya toilet adalah Rp 5.000 untuk mandi dan Rp 2.000 untuk buang air. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi