PD Kebersihan Kota Bandung Kampanye Kang Pisman

JABARNEWS | BANDUNG - Di beberapa daerah Kota Bandung sampah rumah tangga belum terangkut. Al hasil ada penumpukan sampah di beberapa titik jalan.
Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung, Gun Gun Saptari mengatakan hal itu terjadi kemungkinan petugas sampah di kewilayahan masih libur. "Kemarin lebaran kan mereka operasi 24 jam bergantian membersihkan sampah jadi kemungkinan saat ini mereka libur," jelas Gun Gun, Jumat (29/6/2018).
Akan tetapi kata Gun Gun jika ada penumpukan disatukan titik maka malam atau pagi hari itu juga langsung diangkut. "Dipastikan langsung diangkut," tegasnya.
Lanjutnya untuk mewujudkan lingkungan sehat dan bersih, PD Kebersihan Kota Bandung bakal mengampayekan Kang Pisman. Kang Pisman ini merupakan program upaya memilah dan menjadikan sampah agar memiliki nilai ekonomis.
Jelasnya, pengelolaan sampah di Kota Bandung tidak bisa hanya dilakukan oleh PD Kebersihan. Pengelolaan sampah harus dikerjakan bersama-sama dengan seluruh stakeholder.
Salah satu cara untuk mengajak seluruh stakeholder peduli sampah yaitu melalui Kang Pisman. Gun Gun menjelaskan, kang Pisman berarti, Kang (kurangi sampah makanan), Pis (pilah sampah) dan Man (manfaatkan sampah menjadi nilai jual).
"Ke depan kita akan kampanyekan ini kepada masyarakat bahwa kebersihan lingkungan itu penting, salah satunya mengelola sampah," ujar Gun Gun pada kegiatan Bandung Menjawab.
Kang Pisman sebenarnya adalah 3R yaitu (Reduce, Reuse, Recycle). Namun menjadi Kang Pisman agar memiliki nilai kesundaan dan agar lebih akrab lingkungan masyarakat Kota Bandung. (Vie)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait