aqua

Menghidupkan Malam Nisfu Sya’ban

JABAR NEWS | JURNAL - Sya'ban merupakan bulan yang di dalamnya terdapat berbagai peristiwa bersejarah. Peristiwa berpindahnya arah kiblat dari Masjidil Aqsha Palestina menuju Kabah (QS. al-Baqarah: 144) terjadi di bulan Sya'ban. Turunnya ayat yang menganjurkan untuk membaca shalawat (QS. al-Ahzab: 56) di bulan Sya'ban. Diangkatnya catatan amal manusia juga di bulan Sya'ban.

Menelisik dari segi linguistik, al-Imam Abdurrahman al-Shafury dalam kitab "Nuzhat al-Majalis wa Muntakhab al-Nafais" mengatakan bahwa kata Sya'ban merupakan singkatan dari huruf shin yang berarti kemuliaan (al-syarafu), huruf 'ain yang berarti derajat dan kedudukan yang tinggi atau terhormat (al-uluw), huruf ba' yang berarti kebaikan (al-birr), huruf alif yang berarti kasih sayang (al-ulfah), dan huruf nun yang berarti cahaya (an-nur).



Menjadi tradisi umat Islam Indonesia menghidupkan malam Nisfu Sya'ban atau pertengahan bulan Sya'ban dengan ibadah. Pada malam Nisfu Sya'ban, umat Islam membaca Surat Yasin sebanyak 3 x yang dilanjutkan dengan berdoa.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan al-Dailami, Imam 'Asakir, dan al-Baihaqy, Rasulullah Saw bersabda:

Khomsu layaalin laa turaddu fiihinna ad-da'watu. Awwalu lailatin min Rajaba wa lailatun-nishfi min sya'baana wa lailatul jum'ati wa lailatayil-'iidaini
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi