bjb

Emrizal : Besok Rekapitulasi Suara Tingkat Kota Cirebon

JABARNEWS | KOTA CIREBON - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon melaksanakan Rekapitulasi suara tingkat kecamatan ke tingkat kota Cirebon mulai besok, Rabu (4/7/2018). KPU berharap tidak ada Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) sehingga bisa segera menetapkan pasangan cawalkot dan calon Wakil Walikota Cirebon terpilih.

Komisioner KPU Kota Cirebon Emirizal Hamdani mengakui pihaknya segera melaksanakan rekapitulasi perhitungan suara tingkat Kota Cirebon. “Insya Allah kalau tak halangan dilakukan 4 Juli (besok, red). Kami minta doanya agar pelaksanaan rekapitulasi tingkat kota Cirebon bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Pihaknya menginginkan setelah rekapitulasi tingkat kota ini tidak ada PHP dari pasangan Calon Wali Kota dan Calon Wakil Walikota Cirebon Jika semua berjalan mulus, maka dilanjutkan dengan penetapan paslon yang memenangkan kontestasi Pilwakot Cirebon.

Jika ternyata ada PHP, akan berdampak kepada waktu penetapan pasangan Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota terpilih. “Ya kalau ada gugatan akan pengaruhi waktu penetapan paslon terpilih. Setelah rekap, kita menunggu penetapan paslon terpilih,” jelas Emirizal.

Emirizal mengatakan pleno rekapitulasi suara tingkat Kota Cirebon digelar di ruang Rapat Kantor KPU Kota Cirebon. Pihaknya akan memberlakukan undangan terbatas guna mencegah membludaknya massa.

“Kita menggunakan tanda pengenal sebagai tanda yang diperbolehkan masuk. Untuk pesertanya, saksi dari pasangan calon Walikota dan wakil walikota sebanyak empat orang, serta saksi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sebanyak dua orang,” ujar Emirizal.

Selain itu, untuk PPK sebanyak dua orang per kecamatan yaitu ketua dan divisi teknis, Panwascam, Forkompimda, Panwaslu Kota Cirebon dan petugas dari KPU.

“Penghitungan suara tingkat kota adalah tahapan akhir sebelum penetapan pasangan calon. Tapi, penetapan pasangan calon itu nanti setelah dipastikan tak ada gugatan yang dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi (MK),” jelasnya. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi