20 Proyek Tahun 2017 Kota Bandung, Mulai Tahap Pembangunan

BANDUNG | JABAR NEWS – Pemerintah Kota Bandung memiliki 20 proyek dari berbagai sektor yang siap dilaksanakan pada tahun 2017. Bahkan pada Mei mendatang sebagian besar proyek mulai memasuki tahap pembangunan.

Salah satunya adalah renovasi beberapa pasar, seperti Pasar Cihaurgeulis dan Pasar Kiaracondong, yang sedang pada tahap sosialisasi. Ada pula pembangunan rumah deret di Tamansari yang juga memasuki tahap sosialisasi.

Salah satu infrastruktur unggulan yang sangat dinanti Wali Kota Ridwan Kamil yakni hadirnya Metro Kapsul yang akan dibangun sepanjang empat kilometer melintasi pusat keramaian kota. Dalam waktu dekat, mock-up Metro Kapsul dapat disaksikan oleh warga di Alun-Alun Kota Bandung.

Baca Juga:  Habib Bahar Disidang

“Ini mimpi paling susah yang sebentar lagi akan kita hadirkan di Bandung,” kata Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Rabu (23/3/2017).

Metro Kapsul merupakan proyek transportasi yang hadir atas kerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Proyek ini merupakan percontohan yang diharapkan bisa menarik minat masyarakat untuk beralih penggunaan moda mobilisasinya, dari kendaraan pribadi menjadi transportasi publik.

Pria yang akrab disapa Emil tengah mengencangkan ikat pinggang menghadapi pembangunan-pembangunan itu. Selain untuk menghadirkan fasilitas baru kepada warga Bandung, ia juga ingin menunjukkan bahwa perubahan telah terjadi di kota kelahirannya itu.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Raih Penghargaan Man Of the Years

Di samping membangun infrastruktur, Pemkot Bandung pun telah membangun sistem yang menggeser kultur pemerintah kota sedikit demi sedikit ke arah yang lebih baik. Dengan terbitnya berbagai kebijakan dan regulasi yang mengunci sistem, ia yakin Bandung sudah lebih baik.

“Saya boleh katakan, kultur sudah bergeser, sudah sangat bagus. Ada ukurannya, ada indikatornya. Rapot dari Menpan RB sudah nilai A rangking satu. Dari Ombudsman sebagai penilai yang sangat cerewet sudah memberikan rapor hijau,” tuturnya.

Baca Juga:  Catat! Ada Penutupan Jalan di Majalengka setiap Malam, Cek Lokasinya

Beberapa program seperti e-budgeting, Saber Pungli, dan mekanisme keterbukaan informasi, dinilai Emil, telah memberikan dampak yang signifikan terhadap perubahan pola pemerintahan. Reformasi birokrasi sudah ia lakukan di berbagai lini.

“Jadi secara sistem saya sudah bisa pertanggungjawabkan, sudah sangat baik. Kalau ada satu dua anomali, itu masih proses. Tapi kalau dibilang secara kultur belum berubah, saya kira keliru,” pungkasnya.(beritabandung.com)