bjb

Terlalu Sering Menggunakan Kutek, Begini Jadinya

JABARNEWS | BANDUNG - Seperti kita ketahui, penampilan memang suatu hal yang perlu diperhatikan bagi perempuan, termasuk penampilan kuku. Tak heran jika beberapa perempuan sering menggunakan kutek untuk mempercantik penampilannya. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang sering menggunakan kutek? Ternyata penggunaan kutek terlalu sering menimbulkan dampak yang berbahaya bagi tubuh. Apa saja ya bahayanya? Berikut di bawah ini sedikit ulasannya.

1. Dapat Mengubah Warna Kuku Menjadi Kuning
Dilansir dari Telegraph, menurut seorang ahli penyakit kaki asal London, Margaret Dabbs, penggunaan kutek dapat menimbulkan kuku menjadi kuning, mudah terkelupas dan kering. Oleh karena itu, sangat penting untuk membiarkan kuku beristirahat sejenak dari pemakaian kutek. Jika Anda termasuk orang yang menggunakan kutek setiap hari, maka Anda harus sedikit menguranginya.

2. Kuku Menjadi Mudah Rapuh
Terlalu lama memakai kutek akan mengakibatkan kerusakan pada kuku. Pemakaian kutek akan menutup pori-pori dari kuku itu sendiri, sehingga kuku menjadi susah untuk bernapas. Ketika kuku tidak tidak dapat bernapas, kuku akan kekurangan oksigen dan menjadikannya cepat rapuh. Jadi, usahakan untuk tidak memakai kutek terlalu lama.

3. Mengandung Zat Kimia Yang Dapat Merusak Jaringan Kulit
Dilansir dari Dr. OZ Indonesia, terdapat zat turunan formalin dalam kutek yaitu formaldehid. Kamu pasti sudah tahu kan kalau fungsi formalin adalah untuk mengawetkan? Ya, begitu juga dengan zat yang satu ini. Lalu ketika zat ini masuk ke dalam tubuh kita dapat memicu kanker, maka kepala akan menjadi sakit, hingga iritasi pada hidung, tenggorokan dan mulut. Formaldehid juga dapat mengakibatkan rusaknya jaringan kulit, kuku dan bisa menyebkan kematian.

4. Dapat Menyebabkan Gangguan Organ Dalam
Kutek juga mengandung etil asetat yang berfungsi sebagai pengeras. Zat kimia ini dapat menyebabkan ganggaun saraf dan organ dalam seperti ginjal, jantung dan paru-paru. Selain itu, terdapat juga metil asetat yang lebih berbahaya dari etil asetat.

5. Menganggu Kesehatan Janin Dalam Kandungan Bagi Ibu Hamil
Penggunaan kutek sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Selain zat-zat di atas, kutek juga mengandung bahan kimia toluene yang berfungsi untuk mempertajam warna. Bahan ini lah yang disebut-sebut dapat memicu kelainan bawaan pada bayi dan mengganggu sistem sarafnya. Bagi para ibu hamil disarankan untuk tidak menggunakan kutek.

Itulah tadi bahaya pemakaian kutek yang perlu Anda ketahui. Kutek dapat meracuni tubuh melalui udara atau tanpa sengaja menempel pada makanan yang Anda makan. Namun, bahaya tersebut tentunya dapat dihindari jika menggunakannya dengan tepat. Pastikan kutek yang Anda gunakan mengandung bahan-bahan yang tidak berbahaya. Jangan sekali-kali meniup kutek saat mengeringkannya, karena secara tidak langsung Anda akan menghirup bahan kimia yang ada pada kutek tersebut. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari IDN TIMES

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi