Pleno KPUD Garut Dimulai

JABARNEWS | GARUT – Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, S.IK memberikan sambutan pada rapat pleno KPUD Garut. Dia menyebutkan kalaupun ada pertentangan dalam persepsi raihan suara atau sengketa dalam hasil Pilkada ini silahkan tempuh jalur yang telah ditetapkan oleh aturan.

“Sebagai orang yang beriman harus percaya takdir. Menang atau kalah dalam Pilkada tentunya sudah ada takdirnya. Jadi suasana aman ini harus terus terjaga,” ungkapnya Kamis (5/7/2018).

Rapat Pleno terbuka dihadiri oleh perwakilan tim sukses para peserta Pilkada dan tamu undangan. Penjagaan ketat aparat gabungan Polisi, TNI dan Satpol PP menandai kegiatan itu.

Baca Juga:  Perilaku Medsos Luar Biasa, Minat Baca Warga Jabar Menurun

Kapolres Garut, memberikan sambutan awal dengan menyampaikan apresiasi atas kedewasaan para kontestan Pilkada. Menurutnya, sampai saat ini situasi keamanan masih aman dan terkendali. “ Saya haturkan terimakasih. Semua peserta Pilkada Garut sudah dewasa. Semuanya bisa menghargai satu sama lain,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan jangan mencoba-coba merusak konstalasi keamanan Kabupaten Garut yang sudah terjaga dengan baik. Kalau ada sengketa silahkan tempuh proses dengan cara yang baik.

“Semua ada aturan mainnya. Jadi jangan sampai merusak kondusivitas warga Kabupaten Garut,” ujarnya.

Baca Juga:  Cegah Klaster Covid-19, Water Boom di Indramayu Tak Ada Yang Beroparasi

Ketua KPUD Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi mengatakan, rapat pleno terbuka ini dilaksanakan untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Pilkada di Jawa Barat dan Kabupaten Garut tahun 2018 yang baru saja digelar. Hasil perolehan suara dirinci ulang atau direkapitulasi per kecamatan sebanyak 42 kecamatan, untuk kemudian didapatkan data perolehan suara secara pasti. Data baik daftar pemilih, jumlah pemilih hadir, suara sah dan suara tidak sah.

“Hari ini, kita akan membacakan berita acara hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan. Kita akan membacakan hasilnya meliputi daftar pemilih, pemilih hadir, suara sah dan suara tidak sah,” ujar Hilwan .

Baca Juga:  eLKAP: Wajah Baru Duduki Dapil V DPRD Purwakarta Periode Ini

“Dalam kesempatan ini juga kami ingin menyampaikan belasungkawa kepada bapak Engkim, salah seorang pahlawan demokrasi yang meninggal pada saat bertugas di TPS Babak Loa Kecamatan Pangatikan. Saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, Polres Garut, Kodim 0611 Garut dan kepada semua rekan penyelenggara beserta Panwas,” pungkasnya. (Tgr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat