Menstruasi Datang Lebih Cepat? Ini Alasannya

JABARNEWS – BANDUNG – Haid atau menstruasi idealnya datang sekali sebulan dengan jumlah hari yang kurang lebih sama. Akan tetapi, faktanya terkadang berbeda. Bukan tak mungkin, menstruasi tiba lebih cepat. Lalu apa artinya?

Seorang konsultan kandungan dan kebidanan di Nanavati Super Speciality Hospital India, Dr Maya Lula mengungkapkan bahwa ada beberapa alasan mengapa menstruasi bisa datang lebih cepat. Biasanya, siklus normal seorang wanita adalah 28 hari, namun siklus yang lebih singkat atau lebih panjang sering terjadi.

Baca Juga:  Jasa Marga Lanjutkan Pemeliharaan Jalan Tol Japek, Cek Waktunya!

Siklus menstruasi paling pendek adalah 21 hari dan paling panjang adalah 35 hari. Perbedaan sebanyak 5-7 hari dari jadwal biasanya bukanlah sesuatu yang perlu Anda khawatirkan. Jika lebih dari itu, barulah Anda boleh waspada dan kunjungilah dokter kandungan Anda.

Baca Juga:  Minat Membaca Di Era Teknologi Lemah

Dr Lula juga menyarankan wanita untuk selalu memantau jadwal menstruasinya. Selama perubahan siklus itu terjadi tidak lebih dari 7 hari, maka hal itu masih normal.

Menstruasi datang lebih cepat bisa disebabkan oleh beberapa hal. Jika Anda sedang stres, hal ini akan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon. Ini bisa berkontribusi pada percepatan atau penundaan siklus menstruasi.

Gangguan emosional juga bisa mempengaruhi hormon. Hal ini bisa menyebabkan menstruasi Anda menjadi berantakan.

Baca Juga:  Agar Wajah Tetap Sehat, Inilah Yang Dilakukan Para Artis Korea Saat Travelling

Siklus menstruasi Anda pun bisa dipengaruhi oleh beberapa hal lain, seperti pil KB, atau konstrasepsi darurat. Jika Anda aktif secara seksual dan menggunakan pil-pil tadi, ada kemungkinan menstruasi Anda akan tiba lebih cepat.

Sumber artikel ini diambil dari The Health Site

Jabarnews | Berita Jawa Barat