Ini Yang Membuat Kaki Anda Sering Kram Di Malam Hari

JABARNEWS - BANDUNG - Anda mungkin pernah terbangun di tengah malam karena tiba-tiba kaki Anda kram. Hal ini ternyata tidak terjadi pada Anda saja, karena ada banyak orang juga pernah mengalaminya.
Rasa sakit ini biasanya hanya pada salah satu kaki saja, di mana kaki terasa sangat kaku dan otot pun terasa seperti ditarik. Sakitnya cukup mengganggu dan membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman dan memang hal ini sebaiknya tidak diabaikan.
Berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab terjadinya kram di malam hari, di antaranya:
Sirkulasi Darah Kurang Lancar
Apabila peredaran darah kurang lancar, maka kram seperti ini pun akan sering Anda alami. Khususnya pada area kaki tidak menerima suplai darah secara lancar, sehingga oksigen juga tidak mengalir di area tersebut. Itu terjadi karena pasokan darah berkurang, sehingga kaki pun akan tiba-tiba kram.
Yang perlu Anda lakukan jika mengalami hal ini adalah melakukan peregangan. Anda pun dapat dengan mengompres kaki dengan air hangat atau membubuhinya dengan minyak hangat, sambil memassage lembut sehingga peredaran darah kembali lancar.
Kehamilan
Kehamilan juga dapat menyebabkan kaki seringkali kram. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan kalsium serta magnesium. Saat hamil, banyak kebutuhan nutrisi yang bertambah tuntutannya, sehingga Anda harus memperhatikan asupan makanan sepanjang kehamilan.
Dehidrasi
Dehidrasi juga dapat menyebabkan Anda mengalami kram di kaki. Pada umumnya hal ini terjadi karena tubuh tidak mendapat asupan cairan yang cukup, sehingga peredaran darah juga kurang lancar. Kemudian sistem syaraf menjadi terpengaruh, dan membuat kaki Anda jadi kram. Pastikan setiap hari Anda mendapat asupan air putih yang cukup setidaknya 1-2 liter setiap hari.
Kekurangan Mineral
Kekurangan mineral seperti potassium dan kalsium di dalam tubuh juga dapat menyebabkan peredaran darah Anda kurang lancar. Hal ini secara otomatis juga dapat menyebabkan kaki menjadi kram.
Cedera Otot
Terlalu lelah melakukan sebuah aktivitas atau mengalami cedera pada otot akan membuat otot jadi tegang. Dan tiba-tiba muncul kram yang mengganggu tidur Anda. Langkah yang paling penting adakah merawat cedera yang dialami dengan membubuhkan minyak dan istirahat cukup sehingga kram tidak lagi menyerang Anda.
Nah itulah tadi yang menyebabkan kaki Anda menjadi kram saat malam hari. Semoga informasi di Atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)
Sumber artikel ini diambil dari Vemale
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait