Jangan Buang Benda Ini Di Toilet, Ini Akibatnya

JABARNEWS | BANDUNG - Sebagian dari kita mungkin ada yang membuang barang-barang tertentu di toilet, seperti tisu dan sampah-sampah lainnya. Kebiasaan membuang sampah di toilet dapat membuat kamar mandi Anda menjadi bencana. Mulai dari toilet mampet sampai bau yang tak sedap.
Berikut di bawah ini adalah 11 barang yang sebaiknya tidak dibuang di toilet, meskipun bentuknya kecil sekalipun. Di antaranya yaitu:
1. Tisu
Membuang tisu di lubang toilet berpotensi membuat toilet kamu mampet, meskipun sudah hancur terkena air. Umumnya material yang digunakan untuk membuat tisu dan kertas toilet tidak dapat terurai dengan mudah dan bisa menyumbat saluran pembuangan.
2. Kotoran Hewan
Meskipun sama-sama kotoran yang keluar dari tubuh makhluk hidup, kotoran hewan dan manusia ternyata berbeda. Kotoran hewan peliharaan seperti kucing bisa terjebak di pipa saluran dan tidak dapat hancur dengan mudah. Sebaiknya sediakan tempat khusus berisi pasir untuk menampung kotoran hewan peliharaan, lalu buang atau kubur di dalam tanah.
3. Popok Sekali Pakai
Jangan sekali-kali membuang popok sekali pakai atau pembalut kewanitaan di toilet. Selain jorok, toilet bisa mampet karenanya. Kalau toilet sudah mampet akibat sumbatan popok, kamu akan memerlukan tenaga profesional untuk mengatasinya yang tentu memakan banyak biaya.
4. Kondom
Setipis apapun bahannya, kondom juga jangan dibuang ke toilet. Material lateks dan lubrikan pada kondom bisa membuat saluran pipa mampet dan toiletmu jadi bermasalah. Jika ingin membuang kondom bekas pakai tanpa terlihat oleh anak-anak di rumah, bungkus terlebih dahulu di dalam plastik baru membuangnya di tempat sampah.
5. Cotton Buds
Bentuknya memang kecil, tapi cotton buds atau benda-benda kapas lainnya adalah musuh besar bagi toiletmu. Kapas memang sangat cepat menyerap air, tapi tidak dapat terurai dengan mudah.
6. Bahan Plastik
Benda berbahan plastik, bahkan yang kecil sekalipun seperti plester luka, juga berpotensi membuat toilet mampet dan jadi kotor. Plastik tidak dapat terurai dan menyebabkan penyumbatan di bawah lubang toilet.
7. Dental Floss
Mungkin terlihat sepele dan kecil, tapi jika dibuang terus ke toilet setiap pemakaian, dental floss atau benang pembersih gigi bisa membentuk gumpalan yang akhirnya membuat toilet mampet.
8. Makanan
Makanan memang mudah terurai, tapi tidak seharusnya dibuang ke toilet. Terlebih lagi jika dibuang dalam jumlah banyak, sisa makanan seperti tulang-tulang atau duri juga bisa menyumbat toilet. Kenapa juga harus membuang makanan di toilet? Makanan sisa seharusnya hanya dibuang di tempat sampah.
9. Permen Karet
Air tidak bisa menghancurkan permen karet. Malah permen karet yang lengket bisa menempel dan terperangkap di dinding saluran pipa dan merusak toilet. Sebelum dibuang ke tempat sampah, bungkus permen karet dengan kertas agar tidak membuat sampah-sampah lain lengket.
10. Rontokan Rambut
Membuang rontokan rambut ke toilet atau wastafel akan membentuk gumpalan dan akhirnya menyumbat saluran air. Rontokan rambut sebaiknya dikumpulkan dalam satu wadah dan buang ke tempat sampah.
11. Tablet atau Pil
Jangan pernah meniru adegan di film atau TV yang membuang-buang pil atau table obat ke toilet. Bahan kimia pada obat bisa larut dalam air, mencemari selokan dan berpotensi menimbulkan racun. Kalau sudah ada obat tak terpakai, hancurkan dan buang ke tempat sampah.
Nah, itulah tadi beberapa benda yang sebaiknya tidak Anda buang di toilet. Semoga ulasan di atas dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda. Jagalah kebersihan toilet Anda agar kesehatan Anda pun terjaga. (Fin)
Sumber artikel ini diambil dari Wolipop
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait