Inilah Dampak Terlalu Lama Menggenggam Ponsel

JABARNEWS | BANDUNG - Saat ini handphone seakan selalu melekat pada seseorang dan sudah menjadi satu bagian dari gaya hidup banyak orang. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, ponsel tidak pernah lepas dari genggaman. Pasalnya beberapa fitur di ponsel memudahkan sebagian orang dalam beraktivitas. Anda pun mungkin salah satunya bukan?
Tahukah Anda bahwa seseorang terancam bahaya jika terlalu sering menggenggam ponsel? Salah satunya adalah dapat membahayakan kulit. Seperti dilansir dari Times of India, orang yang terlalu sering berkutat dengan ponselnya biasanya sangat mempengaruhi pola tidur dan orang akan lebih senang bermain ponsel ketimbang istirahat.
Perlu Anda ketahui bahwa sinar ponsel dapat merusak kualitas tidur seseorang. Dengan begitu akan berpengaruh juga dengan masalah kulit yang akan diderita. Karena kurangnya jam tidur, maka kulit cenderung menjadi lebih kering dan semakin terlihat kusam.
Selain itu, ponsel juga dapat menyebabkan stres. Seseorang cenderung cemas ketika jauh dari ponsel. Mereka pun akan bergantung untuk terus mengecek notifikasi yang masuk.
Stres ini berpengaruh juga pada kulit Anda, stres bisa membuat kulit menjadi mudah berjerawat. Panas yang ditimbulkan oleh ponsel bisa menimbulkan flek-flek hitam dan bahkan hiperpigmentasi.
Sadarkah Anda saat menatap ponsel, maka akan membuat mata menjadi sedikit jereng? Mata yang jereng terus menerus dapat menyebabkan kaki gagak atau keriput di bagian mata luar.
Bentuk huruf di layar ponsel sangat kecil dan itulah sebabnya mata membuat otot lebih banyak berkontraksi untuk fokus yang lebih baik. Semua ini bisa memicu penuaan dini, yang bisa menimbulkan keriput di sekitar mata.
Di samping itu, untuk melihat ponsel kita terus menerus menatap ke bawah. Hal ini menyebabkan gerakan repetitif pada leher yang menyebabkan keriput karena kulit sangat lembut dan bisa kehilangan elastisitasnya. Untuk menghindarinya, kamu bisa melatih postur yang baik dan melembapkan kulit leher untuk meningkatkan pembaruan sel.
Untuk menangani mata yang sudah lelah, mau tidak mau kita memang harus mengistirahatkan mata. Jika mata kita lelah karena menatap layar komputer saat bekerja. Segera alihkan pandangan mata dari layar komputer. Berjalan kaki sejenak untuk melihat taman yang menenangkan bisa membuat mata kita segar kembali.
Saat istirahat siang, kita juga bisa tidur siang sejenak untuk mengistirahatkan mata. Satu hal yang pasti, saat kita mengistirahatkan mata, ada baiknya kita tidak menatap layar ponsel atau gadget karena hal tersebut tentu sama saja dengan membuat mata kita bekerja keras kembali. Jika diperlukan, kita bisa memakai obat tetes mata yang bisa mengurangi iritasi atau gejala mata lelah. Berikan pula pijatan lembuat pada area kelopak mata atau pada otot-otot di bagian atas alis dan pipi. Pijatan ini juga bisa membuat mata kita segera rileks dan segar kembali.
Itulah tadi dampak buruk yang ditimbulkan jika Anda sering menggenggam ponsel terlalu lama. Semoga informasi di atas dapt bermanfaat bagi Anda. (Fin)
Sumber artikel ini diambil dari Times of India
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait