Kulineran Asik Di Tasik

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Berdekatan dengan Bandung dan tak terlalu jauh dari Jakarta, Tasik bisa jadi pilihan tempat berwisata kuliner. Ada mie baso hingga tutug oncom yang enak.

Akhir pekan memang menjadi waktu kumpul bersama keluarga. Kalau ada rencana pergi ke Tasik atau sudah berada di sana. Ada beberapa kuliner enak yang bisa Anda cicip. Terutama pecinta mie baso, nasi tutug oncom, soto ayam hingga kupat tahu khas Jawa Barat.

Semuanya enak dan patut dicoba. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat makan enak yang bisa dicoba saat mampir ke Tasikmalaya dikutip dari merdeka, Minggu (8/7/2018).

1. Mie Baso Laksana

Kalau bertanya mana mie baso enak di Tasikmalaya, tentu banyak orang yang menjawab bakso ini. Mie Baso Laksana ini sudah berdiri sejak tahun 1990-an. Tempat makan sederhana ini menyediakan pilihan mie baso, yamien asin dan juga yamien manis.

Agar rasanya semakin mantap, Anda juga bisa menambahkan topping berupa baso, pangsit dan tentu saja babat. Kalau mau mencari menu lain, ada juga batagor serta nasi tim.

Baca Juga:  Kepala Daerah Ciamis dan Bogor Resmi Dilantik

Mie baso yang satu ini menjadi favorit masyarakat Tasik dikarenakan porsinya yang royal meskipun harganya terbilang tak murah. Mie gepeng yang kenyal ditambah dengan cincangan daging ayam, taburan daun bawang dan topping pilihan kemudian disiram dalam kuah kaldu yang gurih. Aduh, sedapnya!

Tertarik untuk mencicipnya, Anda bisa datang ke Mie Baso Laksana yang berlokasi di Jalan Pemuda No. 5, Empangsari, Tawang.

2. Nasi TO Mr. Rahmat

Nasi tutug oncom merupakan masakan khas Sunda yang dibuat dengan campuran nasi dengan oncom serta bumbu. Bumbu yang digunakan untuk membuat sajian ini terdiri dari bawang, kencur dan berbagai jenis rempah lainnya.

Warung nasi tutug oncom yang berlokasi di Jalan Cikarang Girang No. 56, Kota Tasikmalaya ini buka 24 jam lho. Dengan konsep warung makan lesehan ala Sunda dari bambu yang nyaman dan bisa dijadikan tempat bersantai.

Selain tutug oncom yang jadi menu andalannya, warung makan ini juga memiliki ragam menu lain seperti ayam goreng atau ikan goreng yang enak dinikmati bersama dengan lalapan plus sambal pedas.

Baca Juga:  Puluhan Domba Milik Warga di Ciemas Sukabumi Hilang Dalam Semalam, Kok Bisa? Ini Kronologinya

3. Kupat Tahu Mangunreja

Tidak hanya di Bandung, kupat tahu juga banyak dijual di Tasikmalaya. Bahan utama yang digunakan untuk meracik tahu khas Mangunreja, Tasikmalaya ini biasanya terdiri dari kupat atau lontong, tahu, tauge dan saus kacang.

Untuk menambah tekstur renyah, kupat tahu juga enak dinikmati dengan tambahan kerupuk kanji merah dan gendar. Konon, Kupat Tahu Mangunreja ini masih dimasak dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan tungku berbahan kayu bakar.

Tertarik untuk mencicipnya, Anda bisa mampir ke warung Kupat Tahu Mangunreja di Jalan Mangunreja No. 76, Cikunten, Singaparna, Tasikmalaya. Warung makan ini buka sejak pagi hingga malam hari.

4. Bubur Ayam Kalektoran H. Zaenal Rosadi

Selain Cianjur, Tasikmalaya juga punya sajian bubur ayam enak. Jika di tempatnya langsung, Anda kaan menemukan banyak penjaja bubur ayam enak, salah satunya adalah warung Bubur Ayam Kalektoran milik H. Zaenal paling terkenal di sini.

Menjadi salah satu yang legendaris, bubur ayam racikan H. Zaenal ini sudah ada sejak tahun 1969. Ciri khasnya adalah buburnya yang kental dengan topping yang melimpah ruah. Toppingnya berupa suwiran ayam kampung, ati ayam, cakwe dan daun bawang.

Baca Juga:  Duh.. Bojan Malisic Pulang Kampung

Makin enak dinikmati dengan tambahan sambal dan sedikit kecap manis. Bubur ini buka sejak pukul 6 pagi hingga jam 12 siang. Tertarik untuk mencoba? Datang saja ke warungnya yang ada di Jalan R. Ikik Wiradikarta No. 33.

5. Soto Ayam Pataruman

Jika Anda mencari kuliner selain bakso di Tasikmalaya, tempat ini bisa jadi pilihan. Soto ayam yang satu ini jadi yang melegenda di Tasik dan sudah berdiri sejak tahun 1960.

Soto ayam ala Tasikmalaya ini disajikan dengan campuran kuah santan yang mirip dengan soto Betawi dengan rasa gurih dan sedap. Isiannya ada potongan daging, kulit, ati ampela telur, ceker hingga kepala yang bisa Anda pilih salah satu.

Makin enak disantap hangat-hangat dengan pelengkap nasi. Lokasinya ada di Jalan Pataruman No. 23, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat