Mudah, Coba 7 Trik Ini Jika Tidak Doyan Makan Sayuran

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti kita ketahui bahwa sayuran adalah makanan yang menyehatkan bagi tubuh. Namun sayangnya, tak sedikit yang kurang atau bahkan sama sekali tidak mau makan sayur dengan alasan ‘nggak doyan’. Padahal sayuran dengan segala macam kandungan supernya memiliki andil besar untuk membuat tubuh berjalan sesuai fungsinya. Menggantinya dengan suplemen pun tak mampu untuk memenuhi asupan gizi yang dimiliki sayuran.

Bagi Anda yang tidak suka sayuran, cobalah untuk mengubah mindset dan sedikit membuka diri untuk mencoba trik-trik di bawah ini, agar Anda tetap bisa makan sayur tanpa tersiksa, di antaranya:

1. Masukkan sayuran ke dalam menu makanan favorit Anda

Jika Anda tak suka makan sayuran dalam bentuk masakan tertentu seperti sayur bayam atau ca kangkung, siasati dengan cara menyertakan sayuran dalam menu makanan favorit Anda. Misalnya, Anda suka dengan spageti, maka coba tambahkan irisan sawi, wortel, buncis, atau sayuran apapun yang Anda masih bisa memakannya. Nggak usah banyak-banyak, mulailah dengan sedikit porsi sayuran terlebih dahulu. Jika sudah terbiasa, mulailah untuk menyertakan sayuran ke dalam makanan apa pun dan menambahkan jumlahnya.

2. Jadikan sayuran sebagai olahan menu camilan sehari-hari

Menyantap sayuran dalam bentuk lauk mungkin tidak begitu menggugah selera Anda. Terlebih bagi Anda yang malas untuk makan berat. Cobalah untuk memasukkan sayur sebagai menu camilan sehari-hari. Meski pada umumnya Anda lebih menyukai cokelat, cake dan es krim, tak ada salahnya Anad mencoba camilan yang sudah dicampuri sayuran. Misalnya, makan sandwich atau kebab yang diperbanyak sayurannya, bisa juga mengolah brokoli goreng tepung, atau ngemil keripik bayam. Pastikan camilan dari sayuran ini lebih dulu berada dalam jangkauan Anda dibandingkan camilan lainnya.

Baca Juga:  Sempat Menggunakan Racun, Pria Ini Ditemukan Tewas Gantung Diri

3. Kombinasikan sayur dengan buah dalam bentuk jus, salad, atau smoothies agar rasanya lebih netral di lidah

Salah satu cara mudah untuk mengonsumsi sayuran adalah mengombinasikannya dengan buah dan mengubah bentuknya menjadi olahan seperti salad, jus, atau smoothies. Buat olahan Anda sendiri dengan mencampur sayur dan buah favorit. Jika belum terbiasa minum jus yang ditambah sayuran, campurkan jumlah sayurannya sedikit demi sedikit. Usahakan tidak menggunakan tambahan gula yang berlebihan atau menggantinya dengan madu agar kandungan gizinya lebih maksimal.

4. Mengolah sayuran menjadi makanan yang manis dengan cara memanggang atau membakarnya

Sayuran yang dipanggang menghasilkan rasa manis alami ketimbang dikukus atau dimakan mentah-mentah. Pilihlah yang teksturnya padat dan terasa juicy kalau dipanggang, seperti paprika, terung, tomat, jamur, jagung, zukini dan bawang bombay. Padukan dengan kentang, ubi dan wortel. Caranya mudah, tusukkan beberapa jenis sayuran tadi seperti sate, bumbui dengan margarin, garam, dan merica lalu panggang di atas bara api hingga berwarna kecokelatan.

Baca Juga:  Awasi Pemungutan Suara, Panwascam Cipunagara Minta Pengawas TPS Laporkan Setiap Pelanggaran

5. Beli sayuran organik dengan kualitas yang lebih bagus dan harga yang lebih mahal daripada sayuran biasanya

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Sensory Studies menunjukkan bahwa manusia memiliki kecenderungan memersepsikan makanan mahal dengan rasa lebih enak. Cara ini pun bisa diterapkan untuk memicu keinginan makan sayuran. Sebagai awalan, cobalah membeli sayuran organik di supermarket dengan harga yang sedikit lebih mahal daripada sayuran biasa yang dijual di pasar. Bukan tidak mungkin jika Anda jadi lebih bersemangat menyantapnya lantaran tampilannya yang lebih bersih dan menarik.

6. Kelilingi diri Anda dengan makanan sehat agar terbentuk kebiasaan untuk makan sayuran yang juga termasuk sumbernya kesehatan

Salah satu hasil penelitian dalam jurnal Appetite menyarankan agar orang yang tidak doyan sayur mengelilingi dirinya dengan makanan sehat. Lingkungan berperan besar dalam membentuk pola makan harian. Contohnya, orang Jepang makan ikan mentah bukan berarti karena mereka suka, tapi karena sudah merupakan bagian dari keseharian. Cobalah untuk perbanyak stok dapur dengan makanan sehat seperti roti gandum atau yoghurt. Dengan cara ini, keinginan makan sayur diharapkan akan meningkat, bahkan jadi kebiasaan.

Baca Juga:  Agar Pilkada Aman, Muspida Purwakarta Tinjau TPS

7. Pastikan Anda benar-benar lapar sebelum makan

Saat tidak lapar, Anda cenderung akan pilih-pilih makanan yang sekiranya cocok di lidah atau sesuai dengan apa yang lagi diinginkan. Sebaliknya, ketika perut sedang benar-benar lapar, Anda akan menyantap apa pun yang ada di depan mata, termasuk semangkuk sayuran. Nah, gunakan cara ini untuk perlahan-lahan makan sayuran. Selalu sediakan olahan sayuran sebagai lauk, lalu makanlah ketika Anda sudah benar-benar lapar.

Selain cara-cara di atas, cobalah untuk mengubah cara berpikir Anda untuk lebih menyukai sayuran. Bebagai kandungan gizi yang ada dalam sayuran punya segudang manfaat bagi kesehatan sebagai aset masa depan Anda. Jika waktu kecil Anda tidak suka brokoli karena pahit, cobalah untuk mengonsumsinya mulai dari sekarang. Bisa jadi Anda menyukainya ketika sudah dewasa. Semoga trik di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat menncobanya. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hipwee

Jabarnews | Berita Jawa Barat