Di Usia Inilah Fase Paling Bahagia Dalam Hidup Terjadi

JABARNEWS | BANDUNG – Kita ketahui bersama bahwa kebahagiaan memang seharusnya dimulai dari dalam diri sendiri dan setiap orang pasti ingin memiliki hidup bahagia. Ada banyak cara agar seseorang merasa bahagia, namun tahukah Anda bahwa ternyata kebahagiaan juga ada hubungannya dengan umur?

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa ada dua fase umur di mana seseorang akan merasa paling bahagia dalam hidupnya. Peneliti dari London School of Economics and Political Science melibatkan sebanyak 23 ribu sukarelawan asal Jerman dengan rentang usia 17 hingga 85 tahun untuk mengukur tingkat kepuasan dalam hidup mereka.

Baca Juga:  Saling 'Kasih Sayang' Jelang Pemilu

Penelitian tersebut dilakukan selama 5 tahun untuk mengetahui tingkat kebahagiaan mereka. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa kebahagiaan orang-orang membentuk kurva huruf U, di mana bisa diartikan bahwa ada masa-masa tertentu di mana mereka mengalami kebahagiaan atau kepuasan hidup paling maksimal.

Peneliti mencatat bahwa ada dua fase usia paling bahagia, yaitu ketika mereka berusia 23 dan 89 tahun. Hal ini terjadi karena banyak orang merasa paling bersemangat di usia 20an tahun, baik itu secara cinta, hubungan sosial, karir dan lainnya. Sedangkan di fase usia 60-70an tahun, kebanyakan orang sudah pensiun dan memiliki uang untuk menikmati masa tuanya.

Baca Juga:  BIJB Kertajati: Menunggu Keberpihakan Pusat Ke Jabar

Kepuasaan dan kebahagiaan akan berada di titik terendah atau turun drastis di usia paruh baya. Ini karena usia 40 tahun ke atas adalah masa di mana banyak orang menaruh usaha besar untuk mengurus keluarga, memantapkan karier, membayar cicilan, mengetahui berbagai macam kehidupan yang tidak manis dan lain sebagainya.

Baca Juga:  BPBD Tasikmalaya Sebut Desa Ini Rawan Pergeseran Tanah

Itulah tadi dua fase usia yang diketahui memiliki masa paling bahagia dalam hidup. Kendati seperti itu, bukan berarti sepanjang fase usia lain Anda tidak bisa bahagia, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menikmati setiap detik kehidupan semaksimal mungkin. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan pandai-pandailah bersyukur agar tetap hidup bahagia. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Vemale

Jabarnews | Berita Jawa Barat