Sirkuit Motor Cross Dibangun Di Karang Para

JABARNEWS | KAB.SUKABUMI – Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi segera memiliki objek wisata baru. Setelah terkenal dengan wisata Karang Para, kini kecamatan Gunungguruh sedang mengembangkan objek wisata baru dengan membangun sirkuit motor cross bertaraf nasional.

“Pembangunan sirkuit motor cross ini, untuk menyambut Kejuaraan Daerah (Kejurda) seri 3 yang rencananya akan diselenggarakan pada Agustus 2018 mendatang,” jelas Kepala Desa Kebonmanggu, Rasnita dikutip dari radarsukabumi, Selasa (10/7/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembangunan sirkuit motor cross ini, telah dibangun sesuai dengan arahan Bupati Sukabumi Marwan Hamami. Instruksi tersebut disampaikan saat ivent Trabas 2017 yang diikuti oleh 1000 peserta dari penghobi motor cross.

“Pembangunan sirkuit ini juga sesuai keinginan masyarakat agar di wilayah ini, memiliki sirkuit motor trail. Sehingga dapat mengakomodir minat serta bakat para pemuda,” ujarnya.

Baca Juga:  AMSI Crisis Center COVID-19, Edukasi Penanganan Pandemi Bagi Pekerja Media

Menurut Rasnita, pembangunan sirkuit di lahan objek wisata Karang Para yang sudah berlangsung sekitar satu pekan terakhir ini, telah menghabiskan lahan seluas 1400 meter persegi.

“Pengerjaan untuk pembangunan sirkuit ini, sudah 80 persen selesai. Insya Allah pada awal Agustus, lahan ini sudah bisa dimanfaatkan untuk sirkuitmotor cross,” paparnya.

Untuk mendukung sarana penunjang sirkuit tersebut, ujar Rasnita, pihaknya akan membangun fasilitas umum yang siap digunakan. Seperti kamar mandi dan toilet.

“Nilai tambah dari sirkuit ini juga mempunyai pemandangan yang indah, karena lokasinya tepat berada di bukit Karang Para. Sehingga pemandangan hamparan sawah dan rumah pemukiman penduduk dapat menambah eksotisme sirkuit ini,” ujarnya.

Baca Juga:  GP Ansor Gelar PKN VII di Ponpes Asuhan Maruf Amin

Untuk itu, ia berharap dengan adanya sirkuit tersebut, dapat semakin mengenalkan objek wisata Karang Para ke masyarakat luas. Diharapkan semakin banyak yang datang ke Karang Para dengan dibukanya sirkuit.

“Semoga dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. Karena masyarakat yang berjualan di sekitar obyek wisata dan sirkuit akan semakin laku dagangannya,” katanya.

Ketua Pengurus Objek Wisata Alam Karang Para, Cecep mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terhadap sikap pemerintah desa yang telah mengembangkan objek wisata Karang Para melalui pembangunan sirkuit tersebut. Terlebih lagi, sirkuit ini dibangun dengan pemandangan menarik.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca di Jawa Barat Jumat 10 Maret 2023, Ini Penjelasan BMKG

“Selain mendongkrak penghasilan asli desa juga dapat menjadi daya tarik para wisatawan untuk dapat menikmati balap motor cross sambil melihat keindahan panorama alam di objek wisata Karang Para. Bukit Karang Para tersaji tepat dari area sirkuitnya,” bebernya.

Pembangunan sirkuit motor cross ini merupakan bagian dari pengembangan obyek wisata di Karang Para. Sekaligus menjadi wadah bagi olahraga motor di Kabupaten Sukabumi dan sekitarnya.

“Besar kemungkinan, kala bangunan sirkuit ini sudah rampung, pasti banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah untuk melihat sirkuit balap motor cross,” pungkasnya. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat