Baznas Luncurkan Layanan Zakat Digital

JABAR NEWS | JAKARTA – Perilaku masyarakat dalam menggunakan keuangan digital (e-money) meningkat cukup pesat beberapa tahun terakhir ini. Untuk itu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali berinovasi dalam mempermudah masyarakat menunaikan zakat melalui berbagai layanan zakat digital.

Hari ini Senin (05/06/2017), Baznas meluncurkan portal www.startzakat.com untuk melayani zakat, infak dan sedekah masyarakat dengan cara digital. Hadir dalam acara tersebut, Ketua Baznas Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA; CA dan CEO Startzakat, Muhammad Ishaq.

www.startzakat.com adalah portal berbagi yang dikembangkan Baznas bekerjasama dengan perusahaan developer layanan pembayaran digital. Melalui portal ini, masyarakat diajak berzakat dengan mudah.

Baca Juga:  Polisi Dalami Motif Marshel Widianto Jajan Video Syur Dea OnlyFans

Masyarakat hanya perlu membuka link www.startzakat.com untuk kemudian mengikuti panduan di dalamnya dengan cara yang sangat mudah.

Bambang Sudibyo mengatakan, layanan melalui www.startzakat.com menjadi bukti bahwa Baznas terus menciptakan inovasi dalam memberikan layanan kemudahan menunaikan zakat.

“Di dalam www.startzakat.com ini masyarakat bukan hanya bisa menunaikan zakat, namun juga dapat menginisiasi program untuk membantu masyarakat atau kerabat memperoleh bantuan seperti dalam portal crowdfunding,” katanya.

Masyarakat tidak perlu cemas dengan penyaluran zakat dengan cara ini, kata dia, karena seluruh penyelenggara program dan ragam programnya sudah melalui tahap verifikasi oleh Baznas.

Baca Juga:  Simak! Kadisdik Kabupaten Bandung Beri Pemahaman Sekolah Belum Tatap Muka

“Sehingga penyalurannya legal dan laporannya dapat dipertanggungjawabkan,” ungkap Bambang.

Sebelumnya Baznas telah bekerjasama dengan beberapa penyelenggara e-commerce dan situs pembayaran online untuk dapat meraih pangsa pasar zakat digital yang lebih luas. Selain itu, kemudahan melalui zakat digital dilayani melalui layanan internet banking, EDC, E-cashMandiri, virtual account dan e-Bay BRI. Baznas juga membuka konter di sejumlah perkantoran dan mall, salah satunya di Plaza Semanggi.

“Untuk menjangkau layanan di luar negeri, BAZNAS juga mengupayakan agar dapat melayani muzaki Baznas di berbagai negara,” tutur Bambang.

Baca Juga:  Masyarakat Perlu Waspada, Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas 2000 Meter

Sementara itu, Direktur Baznas, Arifin Purwakananta menambahkan, pada Ramadhan 1438 H ini, Baznas menargetkan kampanye dengan berbagai kemudahan digital ini menyumbang porsi 30% dari jumlah penghimpunan zakat nasional.

“Melihat perilaku masyarakat yang semakin gemar bertransaksi dengan cara digital, Baznas optimis dapat menghimpun 30% dari target Rp. 6 Triliun zakat nasional yang dikelola oleh Baznas Pusat, Baznas Provinsi, Baznas Kabupaten/Kota dan juga Lembaga Amil Zakat (LAZ) resmi di Indonesia,” tambahnya. (Red/baznas)

Jabar News | Berita Jawa Barat