Mahasiswa Internasional Dari 13 Negara Kunjungi Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebanyak 18 orang mahasiswa internasional yang tergabung dalam Community Internasional Student (Comis), lakukan kunjungan ke Kabupaten Purwakarta, Rabu (11/7/2018).

Pembina Comis, Prof. Dr. Syahidin, mengatakan, kegiatan ini untuk mengenal tradisi dan budaya daerah Jawa Barat. Nantinya, mereka akan mengenalkannya kembali ke masyarakat di negaranya masing-masing.

“Kunjungan pertama ini kami mengajak 18 orang dari 13 negara. Sebenarnya yang sudah mendaftar sudah ada 100 orang, cuma kami batasi dulu. Kabupaten Purwakarta menjadi tempat pertama yang kami kunjungi dan rencananya kami akan mengunjungi 27 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat,” ujar Syahidin.

Baca Juga:  MTB Tambah Dua Emas Untuk Indonesia

Lanjut dia, kunjungan ini dijadikan kunjungan ini adalah bagian dari pengenalan budaya Jawa Barat khususnya dan Purwakarta kepada mahasiswa asing.

“Ini merupakan program kerja sama antara dosen-dosen perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat dengan para budayawan Jawa Barat, dalam mengenalkan budaya Jawa Barat kepada Dunia,” paparnya.

Baca Juga:  Tiga Ide Merayakan Malam Tahun Baru Bagi Kaum Mager, Salah Satunya Bermain Permainan

Di tempat yang sama, Penjabat Bupati Purwakarta, Mohammad Taufiq Budi Santoso, mengatakan, ini salah satu kegiatan menjaga warisan dari Jawa Barat dan mengenalkannya kepada masyarakat luar.

“Tadi saya tanya yang dari Jepang, bertanya tentang berapa lama dia di Indonesia, dan ternyata mereka baru 10 bulan di sini. Tapi mereka sudah sangat baik dalam berbahasa, perilaku, dan sebagainya,” ujarnya.

Baca Juga:  BMKG Prakirakan Hujan Disertai Petir di Bandung dan Beberapa Wilayah Ini

Taufiq menambahkan, ini adalah suatu bentuk apresiasi dari mereka kepada kita di Jawa Barat.

“Nah bagaimana sekarang Jawa Barat memanfaatkan mereka untuk mensosialisasikan ke dunia tentang tradisi budaya di Jawa Barat itu sendiri,” ucapnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat