Ini Kabar Baik Untuk Pencari Kerja Di Kota Cirebon

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Pemkot Cirebon melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) meluncurkan aplikasi Cirebon Lunga. Aplikasi yang diuncurkan di Kantor Disnaker Kota Cirebon, Rabu (11/7/2018) itu, bertujuan untuk memudahkan pencari kerja mengakses lowongan kerja.

Aplikasi Cirebon Lunga dalam Bahasa Cirebon berarti pergi (Lunga). Namun, dalam aplikasi ini memiliki kepanjangan Luru Lowongan Kerja (mencari lowongan kerja/Lunga) yang menghubungkan pencari kerja dengan perusahaan penyedia kerja.

Kepala Disnaker Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, mengatakan, saat ini baru ada 7 perusahaan yang ikut menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) dari 67 perusahaan yang sudah ditawarkan.

Baca Juga:  Tangani Situasi Darurat, Layanan NTPD Diluncurkan

“Ada beberapa perusahaan yang masih terkendala persyaratan. Total perusahaan di Kota Cirebon sediri mencapai 1.400. Namun, perusahaan kelas sedang dan besar berjumlah sekitar 200 perusahaan. Kami akan fokus menggarap perusahaan sedang-besar terlebih dulu mengingat serapan tenaga kerjanya cukup besar,” katanya.

Agus mengungkapkan, perusahaan diwajibkan melengkapi sejumlah syarat terlebih dulu sebelum melakukan kerja sama dengan Pemkot sesuai aturan yang berlaku, misalnya surat kuasa dari perusahaan pusat dan struktur personalia perusahaan.

Baca Juga:  Besok, Kanalisasi 2-1 Bakal Diuji Coba di Puncak Bogor

“Inti dari MoU yang dilakukan Disnaker Kota Cirebon dan dunia usaha adalah soal database,” ujarnya.

Ditambahkannya, perusahaan yang telah bekerja sama nantinya menyampaikan berbagai macam data yang diperlukan seperti komposisi personalia, data pekerja, struktur pengupahan, pemberian asuransinya, dan lain-lain.

“Adapun pencari kerja warga Kota Cirebon yang telah masuk ke aplikasi mencapai 17.000, lengkap dengan nama, alamat dan kualifikasi masing-masing,” tambahnya.

Informasi ketersediaan pekerjaan di aplikasi Cirebon Lunga bisa diakses oleh seluruh masyarakat. Syaratnya, proses melamar kerja secara online hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang ber-KTP Kota Cirebon. Sedangkan warga luar Kota Cirebon hanya bisa melamar ke perusahaan secara offline.

Baca Juga:  Hari Kedua Vaksinasi, Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Menggila

Selain meluncurkan aplikasi Cirebon Lunga, kata Agus, Disnaker Kota Cirebon juga intens melakukan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja di Kota Cirebon agar ketika diserap perusahaan, mereka telah memiliki kemampuan yang cukup. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat