Pj Gubernur Dorong Pembangunan Pelabuhan Patimban

JABARNEWS | SUBANG – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan meninjau lokasi pembangunan Pelabuhan Patimban, di Desa Patimban, Kabupaten Subang, Rabu (11/07/2018).

Iriawan, atau akrab disapa Iwan menyebut, pembangunan Pelabuhan Patimban terbagi menjadi beberapa tahapan.

Misalnya, untuk Tahap I fase pertama, Pelabuhan Patimban akan memiliki terminal kendaraan dengan dermaga sepanjang 300 meter serta terminal peti kemas 420×35 meter.

“Total panjang dermaga sendiri secara keseluruhan tahap 1, 2 dan 3 nantinya, akan mencapai 4,32 ribu meter, serta kedalaman perairan -10 m LWS (Low Water Spring),” papar Iwan.

Lalu, untuk lapangan peti kemas, nantinya secara keseluruhan akan memiliki luas 35 hektare. Kapasitasnya sendiri akan mencapai 250 ribu twenty-foot equivalent unit (TEUs) dari total kapasitas Tahap 1 sebesar 3,75 juta TEUs.

Selanjutnya, di tahap pertama fase kedua nantinya akan dikembangkan terminal kendaraan hingga 690 meter. Sementara itu, terminal peti kemas diperpanjang dan diperluas menjadi 1.740×35 meter dari total panjang dermaga keseluruhan 4,32 meter.

Baca Juga:  Binaraga Depok PD Bakal Bawa Pulang Dua Emas

Kedalamannya sendiri akan ditambah menjadi -14 m LWS. Khusus untuk lapangan peti kemas, luasnya ditambah 66 hektare dengan kapasitas 3,5 juta TEUs. Secara total, Pelabuhan Patimban direncanakan memiliki kapasitas sebesar 7.5 juta TEUs petikemas dan 600 ribu CBU kendaraan.

“Tahapan- tahapan tersebut diperkirakan selesai 2027,” kata Iwan.

Adapun berdasarkan hasil kesepakatan Rl- Jepang bahwa ada beberapa infrastruktur pendukung yang perlu disiapkan sebelum kegiatan kontruksi pelabuhan. Diantaranya, jalan utama dari jalan negara untuk pintu masuk pelabuhan disiapkan pemerintah pusat (Kemen PU).

Kemudian penyiapan Jalan Tol Subang (Cipali) -Palimanan berdasarkan PP 13 NO 2017 Tentang Perubahan PP No. 26 Tahun 2008 tentang RTRWN oleh Kemen PU.

Baca Juga:  Pilkades Serentak di Purwakarta, Disporaparbud Harapkan Peran Pemuda

“Juga akan disiapkan Jalan Kereta api dari Stasiun Pagaden Patimban,” tambah Iwan.

Dimana saat ini sedang dibuat FS Jalur Kereta Api ke patimban oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub.

Selain itu, pembangunan listrik oleh PLN ( akan dibangun SUTT 500 kv Cirebon-Bekasl yang melalui Kecamatan Pusakajaya). Serta rencana Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum oleh PDAM Kabupaten Subang dengan kebutuhan anggaran Rp83,694 Milyar.

“Pembiayaan akan didukung oleh Pemerintah Pusat,” kata Iwan.

Terakhir, dan terpenting, yakni pembangunan jaringan air limbah dan pengelolaan sampah oleh pengelola Pelabuhan bekerjasama dengan stakeholder terkait.

Sementara itu, guna mencapai target realisasi pembangunan Pelabuhan Patimban, Iwan mengaku telah memerintahkan pejabat terkait untuk segera malakukan langkah- langkah sesuai Tupoksinya masing-masing.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Keuangan 23 Mei 2022, pemilik rasi bintang Sagittarius dan Capricorn

“Sekarang kita tengah menyiapkan pembebasan lahan, biayanya cukup besar Rp.800 miliar, uangnya sudah ada, tinggal kita komunikasikan dengan masyarakat setempat,” kata Iwan.

​Untuk diketahui, bahwa rencana Pembangunan Sarana Penunjang dan Jalan Akses Pelabuhan Patimban Daerah Subang, ditetapkan dengan kebutuhan lahan seluas ± 372 Hektar.

Adapun lokasi pengadaan tanah untuk Pembangunan Sarana Penunjang dan Jalan Akses Pelabuhan Patimban, meliputi Kecamatan Pusakanagara Daerah Kabupaten Subang, terdiri atas Desa Patimban, Desa Kalentambo, Desa Gempol, Desa Pusakaratu dan Desa Kotasari. Desa Pusakajaya Kecamatan Pusakajaya Daerah Kabupaten Subang.

Sementara itu, nilai investasi untuk pembangunan Pelabuhan Patimban tahap pertama fase 1-2 berjumlah Rp.25 Triliun Rupiah. Pun total kebutuhan anggaran pembangunan Patimban sendiri diproyeksikan mencapai Rp.43 Triliun. (Rilis Humas Provinsi Jawa Barat)

Jabarnews | Berita Jawa Barat