Hingga Hari Ke-9, Parpol Yang Daftar Bacaleg Masih Nihil

JABARNEWS | PURWAKARTA - Hingga Kamis (12/7/2018) ini belum satu pun partai politik (parpol) yang menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon anggota DPRD Purwakarta ke kantor KPU Purwakarta. Padahal, pada Kamis ini, masa pengajuan berkas Bacaleg 2019 sudah menginjak hari ke-9.
Pendaftaran bacaleg sendiri dibuka sejak 4 sampai 17 Juli 2018.
"KPU belum mengetahui secara pasti alasan 16 parpol yang menjadi peserta pemilu di Purwakarta belum juga mendaftarkan bacalegnya. Masih ada waktu hingga 17 Juli mendatang. Kami standby di kantor KPU menunggu parpol menyerahkan berkas pendaftaran bacalegnya," kata Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Ramlan Maulana, Kamis.
Ramlan mengungkapkan, kendati begitu, pihaknya mendapat informasi tiga parpol, masing-masing Partai Perindo dan Nasdem akan mendaftar pada 16 Juli dan Partai Berkarya sehari sebelumnya, yakni 15 Juli.
"Diharapkan ketiga parpol ini bisa mendaftar sesuai dengan waktu yang telah direncanakan," ujarnya.
Ditambahkannya, sosialiasi pendaftaran bacaleg sudah dilakukannya jauh-jauh hari. Bahkan sebelumnya sudah ada rapat koordinasi dengan masing-masing parpol mengenai waktu pendaftaran, yakni 4-17 Juli 2018.
Sementara itu, sejumlah parpol masih terus memburu figur-figur yang diyakini memiliki popularitas dan elektabilitas di setiap daerah pemilihan (dapil). Salah satunya, Partai Hanura yang membidik beberapa jurnalis untuk menjadi bacalegnya. Sedikitnya tiga jurnalis diketahui sudah mengikuti proses pemberkasan di partai besutan Wiranto tersebut.
Ketua DPC Partai Hanura Purwakarta, R Priyatna Kusumah, mengatakan, partainya kini sudah semakin solid pasca-gonjang-ganjing di internal ketika Pilkada Purwakarta.
"Saat ini Partai Hanura sedang konsentrasi memenuhi kuota 45 bacaleg yang akan bertarung merebut kursi DPRD Purwakarta. Kami menargetkan sebanyak-banyaknya mendapat kursi di DPRD. Saat ini Partai Hanura memiliki 4 kursi. Ke depan harus lebih besar lagi. Makanya kami membidik teman-teman dari jurnalis untuk menjadi bacaleg dari Hanura," pungkasnya. (Har)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait