Puluhan Bacaleg Partai Perindo Purwakarta Ikuti Tes Kesehatan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Puluhan bakal calon legislatif (Bacaleg) dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ramai-ramai mengikuti tes kesehatan (medical chek up) di RSUD Bayu Asih Purwakarta, Kamis (12/7/2018).

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Perindo Kabupaten Purwakarta, Moch. Raden Ramdhan, mengatakan, ini sebagai persyaratan sebelum didaftarkan oleh partai politik ke KPU. Selain tes kesehatan fisik, mereka juga wajib mengikuti tes kejiwaan.

Baca Juga:  Tiga Erupsi Gunung Berapi Di Indonesia Sebagai Bencana Global

“Kami total yang ikut test ada 20 orang, namun untuk semua Dapil 100 %, kuota perempuan semua terpenuhi. Semua kelengkapan Bacaleg dan syarat-syarat sudah kami kirim ke DPP semua, tinggal menunggu DPP, karena akan mendaftar secara serentak,” ujarnya.

Baca Juga:  Tempat Hiburan Malam Dirazia, Walikota Sukabumi: Miras Itu Dilarang

Lanjut dia, pemeriksaan kesehatan hasil akhirnya berupa surat keterangan sehat jasmani maupun rohani sebagai syarat mencalonkan diri sebagai caleg.

“Untuk tes terdiri dari tes wawancara, tes urine dan MMPI,” ujar Baping.

MMPI adalah tes psikologi yang digunakan untuk proses diagnosa gangguan jiwa seperti gangguan anti sosial, gangguan seksual, gangguan depresi, kebohongan, dan sebagainya.

Baca Juga:  Kota Bogor Siapkan Langkah Teknis Sekolah Tatap Muka

Untuk tes kesehatan jiwa diawali dengan wawancara bertujuan untuk menilai status psikiatri, fungsi kongnitif.

“Untuk menilai personaliti dan kapasitas diri. Hasilnya berupa surat keterangan sehat jiwa dan bebas napza,” ucapnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat