Kunjungi Tasik, Menteri BUMN Pastikan Warga Tak Mampu Bisa Pasang Listrik

JABARNEWS | KAB. TASIKMALAYA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno turun memberikan dukungan bagi peningkatan rasio elektrifikasi dan perbaikan taraf hidup masyarakat.

Dukungan ini ditunjukkan melalui kunjungan kerjanya ke Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (12/07/2018). Menteri BUMN ingin memastikan penyambungan listrik kepada 40.000 masyarakat atau rumah tangga tidak mampu di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Rini mengatakan, untuk tahap awal, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) bersinergi dengan PT Pertamina (Persero) melakukan penyambungan listrik gratis bagi 400 Kepala Keluarga (KK) di Tasikmalaya yang tersebar di Kecamatan Rajapolah, Singaparna, dan Kecamatan Karangnunggal.

Baca Juga:  Tidak Kapok Kalah Tiga Kali, Prabowo Subianto Bakal Maju Lagi di Pilpres 2024 karena Alasan Ini

Kementerran BUMN juga terus mendorong BUMN-BUMN untuk meningkatkan kepeduliannya bagi perbaikan elektrifikasi melalui sebuah sinergi. Selain wilayah Kabupaten Tasikmalaya, sinergi BUMN mendorong elektrifikasi rumah tangga kurang mampu juga dilakukan di wilayah-wilayah lain di Provinsi Jawa Barat, seperti di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Sukabumi.

“Ini merupakan kepedulian BUMN bagi masyarakat terutama masyarakat kurang mampu sehingga bisa menikmati listrik, yang pada akhirnya juga bisa mendorong perbaikan taraf hidupnya. Terima kasih kepada PLN dan Pertamina yang sudah membantu masyarakat di wilayah Tasikmalaya. Saya terus mendorong sinergi seperti ini terus berlanjut di wilayah-wilayah lain dan semakin banyak BUMN yang terlibat,” katanya.

Baca Juga:  Kapolda Jabar Beri Penghargaan Untuk Personel Polda Dan Masyarakat Berprestasi

Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basyir, mengungkapkan, masyarakat kurang mampu yang mendapat bantuan program sambung listrik gratis ini akan mendapatkan sambungan listrik PLN daya 450 Volt Ampere (VA) dengan tarif bersubsidi dan sistem layanan prabayar.

“Kami terus bekerja keras bagi pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat terutama rumah tangga tidak mampu yang mengalami kesulitan secara finansial untuk bisa mengakses listrik langsung ke PLN. Hal ini salah satunya dengan sinergi antar-BUMN yang sudah dibangun dan terus mendapat dukungan dari pemerintah. Saya juga pastikan bahwa personil-personil PLN di lapangan bisa bekerja optimal dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga:  Catat! Ini Rute Rekayasa Lalu Lintas Jelang Putusan MK

PLN mencatat, saat ini rasio elektrifikasi Provinsi Jawa Barat tercatat di level 96, 51% dengan jumlah KK yang belum teraliri listriki sebanyak 316.947 KK. Sementara untuk Kabupaten Tasikmalaya sendiri, rasio elektrifikasi tercatat di level 92% dengan jumlah KK yang belum teraliri listrik tercatat sebanyak 28.977 KK. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat