Wisata Mega Icakan Ciamis Resmi Ditutup

JABARNEWS | CIAMIS – Karena beralih fungsi menjadi pondok pesantren, Wahana Mega Wisata Icakan di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, resmi ditutup pemiliknya pada Sabtu (07/07/2018) lalu.

Dikutip dari harapanrakyat.com, salah seorang pengelola Wahana Mega Wisata Icakan, Asep Hendra, mengatakan, bahwa sebenarnya penutupan Mega Wisata Icakan sudah lama direncanakan. Hal itu setelah pemiliknya, Maman Megabaja, mendirikan pondok pesanteren di dekat lahan areal wisata.

“Sebelumnya juga sempat ditutup. Hanya beberapa bulan lalu sempat dibuka kembali. Nah, pada Sabtu (07/07/2018) kemarin, resmi ditutup. Yang pasti ditutup untuk selamanya,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Razia Tempat Hiburan Malam

Asep menambahkan, meski sudah ditutup, tetapi beberapa wahana wisata yang berada di Icakan masih dirawat. Masyarakat pun, kata dia, masih bisa datang ke Icakan untuk berenang dan botram bersama keluarga secara gratis.

“Tapi untuk kolam renang, hanya untuk laki-laki saja. Perempuan dilarang masuk ke area kolam renang. Namun, untuk keluarga masih bisa menggunakan gazebo untuk botram atau ngaliwet,” ujarnya.

Baca Juga:  Urban Farming Purwakarta, Instagramable Banget

Wahana wisata seperti perahu bebek dan lainnya, sudah tidak difungsikan bahkan para pekerja Icakan sudah diberhentikan, kecuali pekerja bagian kebun dan kolam saja.

Asep mengatakan, alasan ditutupnya Mega Wisata Icakan, karena seluruh arealnya dialihfungsikan sebagai pondok pesantren.

“Ya mungkin bertolak belakang di sekitar pesantren ada objek wisata. Makanya, pemilik Icakan memutuskan untuk menutup objek wisata,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Destinasi Dinas Parawisata Ciamis, Budi Kurnia, mengaku belum mendapat pemberitahuan resmi terkait penutupan Wahana Mega Wisata Icakan dari pemiliknya. Kata Budi, baru mengetahui kabar itu dari media sosial.

Baca Juga:  Tiga Manfaat Teh Basi Atau kadaluarsa Bagi Kehidupan Sehari-hari

“Mungkin itu keputusan pemiliknya. Kami harus menghargai. Hanya, apabila dilihat dari sisi parawisata, Ciamis sudah kehilangan salah satu destinasi andalannya,” ujarnya.

Budi menambahkan, Wahana Mega Wisata Icakan sudah menjadi icon wisata Kabupaten Ciamis. Bahkan orang luar daerah, mengenal Ciamis setelah berkunjung ke Icakan. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat